oleh

Kepala Puskesmas Mustika Jaya dapat Apresiasi Lurah, serta Antusiasme warga BEKASI mengikuti Vaksinasi massal

KOTA BEKASI – PublikasiNews.Com | Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi menggelar vaksinasi massal sebanyak 140.000 dosis, dan vaksinasi tersebut dilaksanakan serentak di setiap kelurahan di Kota Bekasi. Berdasarkan hasil pemantauan, terlihat ditiap-tiap wilayah Kecamatan se-Kota Bekasi, warga sangat antusias untuk menerima manfaat vaksinasi gratis dari pemerintah. Di masing-masing Kelurahan sejak pagi terlihat warga secara tertib bergantian datang ke kantor Kelurahan setempat pada, Kamis (15/7/2021).

Seorang warga Mustika Jaya, A. Muh Washiel A. Kisman (20), penerima manfaat vaksinasi gratis dari pemerintah Kota BEKASI, saat diimunisasi oleh nakes Puskesmas Mustika Jaya pada, Kamis (15/7) pagi. Ia merupakan putra seorang dokter gigi yang bertugas di Puskesmas Mustika Jaya bernama drg. Andi Aslindah yang turut serta memberikan contoh terbaik terhadap masyarakat terkait vaksinasi.(dok-ist.)

Kepala Puskesmas (Kapus) Mustika Jaya, dr. Nurdin Hidayat dengan didampingi bidan penanggung jawab vaksinasi, Retna Firiyani, Amd.Keb menuturkan bahwa saat memberikan keterangannya mengatakan untuk di Puskesmas terdapat warga yang mendaftar untuk menerima manfaat vaksin. Didukung melalui pihak Kelurahan pun telah melakukan sosialisasi melalui media sosial dan turun langsung ke wilayah untuk menginformasikan penyelenggaraan vaksinasi gratis yang diadakan oleh pemerintah Kota Bekasi.

Selain itu, dalam rangka untuk menghindari antrian panjang dan penumpukan warga yang akan di vaksin, telah dilakukan langkah-langkah prepentif oleh pihak Puskesmas, selain menerapkan protokol kesehatan (Prokes) yang sangat ketat.

“Dan salah satu antisipasinya, diantaranya pihak Kelurahan juga telah menyediakan empat (4) lokasi yang berbeda, yakni di SD Negeri Mustika Jaya 3 dan warga yang telah diimunisasi sebanyak 620 orang, dengan target sasaran sekira 729 orang. SD Negeri Mustika Jaya 4 yang diimunisasi 480 orang dengan target sasaran sebanyak 729 orang,” kata dr. Nurdin.

Dijelaskan olehnya, untuk lokasi di SMP Negeri 40 Kota Bekasi, warga yang telah diimunisasi 650 orang, dan di SMP Negeri 26 sekira 640 orang dengan masing-masing lokasi sasarannya sebanyak 729 orang. “Sehingga dengan sub total sasaran masyarakat sekitar 2.916 warga, dan yang telah berhasil diimunisasi (suntik vaksin) sebanyak 2.390 orang,” ungkapnya.

“Sementara untuk rincian warga dan tenaga kesehatannya, dengan pelaksanaan screening dan Swab Antigen terlebih dahulu, yang dilakukan sejak hari Selasa dan Rabu, 13-14 Juli 2021 pelaksanaan screening pasien. Kemudian setelah proses screening lolos baru ke tahap vaksinasi,” ujar dr. Nurdin.

Selain dengan melalui mensosialisasikan program vaksinasi jauh hari kepada warga melalui pamor wilayah yang intens dengan melakukan pendekatan ke warga. Sedangkan untuk Puskesmas Mustika Jaya sendiri telah mencapai target kuota dari sasaran sekitar 80 persen lebih.

Dalam kegiatan vaksinasi di Puskesmas Mustika Jaya ini terdapat Nakes (tenaga Kesehatan) yang disiagakan meliputi 20 orang yang screening, 9 orang untuk yang mengikuti Swab Antigen dan dengan 36 vaksinator demi mensukseskan kegiatan vaksinasi tersebut. Dan pihak Kelurahan Mustika Jaya pun juga tentunya melakukan sinergitas dengan empat pilar.

Disisi lain, Lurah Mustika Jaya, Mohammad Faried Wajdi, S.IP, M.E telah menjelaskan terkait pra kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan juga telah memberikan informasi bahwa untuk di wilayah Kelurahan Mustika Jaya, warga sangat antusias ketika mengikuti vaksinasi dalam rangka menghambat laju berkembangnya wabah penyakit Virus Corona atau Corona Virus Disease (Covid-19), serta memutus mata rantai penyebarannya.

Dirinya pun sangat mengapresiasi kinerja seluruh jajaran Puskesmas Mustika Jaya, serta selalu men-support dengan telah dilakukannya sosialisasi melalui media sosial (Sosmed) maupun pamor yang langsung turun ke wilayahnya, banyak warga Kota Bekasi yang minat dan menanyakan terkait vaksinasi. Selanjutnya pamor menginformasikan secara detail mekanisme vaksinasi kepada masyarakat.(*/dok-red/Zark)

Komentar

News Feed