oleh

Aktivitas Transaksi Ramai Indeks Harga Saham Gabungan Banjir Sentimen Positif

Jakarta, Publikasinews.com  – Banjir sentimen positif akhir pekan ini mendorong Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tutup di zona hijau. IHSG naik 1,2% ke level 5.906, Jumat (02/11/2018). Aktivitas transaksinya terbilang sangat ramai hingga mencapai Rp 10,4 triliun.

Investor asing mulai kembali masuk pasar bursa saham Indonesia. Aktivitasnya tercermin pada transaksi hari ini dengan mencatatkan net buy Rp 1,16 triliun di semua pasar. 

Penguatan IHSG mulai terlihat ketika dibuka naik (+0,64%), hal ini dipengaruhi kondisi global yang cenderung kondusif karena Presiden AS Donald Trump sedang diagendakan bertemu Presiden China Xi Jin ping. Bursa saham acuan nasional juga mendapat tambahan tenaga pada akhir perdagangan, Pemerintah melalui Menteri Keuangan mengumkan cukai rokok 2019 sama dengan tahun 2018. Hal ini membuat sentimen positif pada saham industri rokok. GGRM tercatat melejit 6,6%, HMSP loncat 4,1%.Sumber: Revinitif

Secara teknikal, grafik yang terbentuk berpola manusia menggantung (hanging man) dengan ekor (shadow) sedang, yang mengindikasikan pembalikan arah menjadi turun (bearish).

Hal itu diperkuat oleh indikator teknikal, IHSG digambarkan levelnya cukup tinggi atau telah memasuki wilayah jenuh belinya (overbought), menurut indikator stochastic slow. 

IHSG terlihat sedang menguji level jangka menengahnya, hal ini terlihat pada posisinya hari ini yang mulai menembus rerata perdagangannya selama 20 hari (moving average/MA 20). Tolakan atas (resistance) yang berada di level 5.870 juga mulai terlewati. Red

Komentar

News Feed