oleh

Alasan Gubernur DKI Anies Baswedan Pencopotan Waring dialiran Kali Sentiong Ada Pemasangangan Sheet Pile

Jakarta, Publikasinews.com – Waring atau jaring hitam yang dipasang menutupi aliran Kali Sentiong di Tanjung Priok, Jakarta Utara, akhirnya dilepas. Jaring itu dipasang untuk mengurangi bau tidak sedap menjelang perhelatan Asian Games dan Asian Para Games 2018. Apalagi sungai itu berada di belakang Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta Pusat.

Namun setelah pesta olahraga itu usai, Gubernur DKI Anies Rasyid Baswedan menyatakan Kali Sentiong atau biasa disebut Kali Item akan dibersihkan dengan cara lain. Sebelum pembersihan pun, Pemprov DKI akan memasang dinding sungai.

“Pencopotan ini karena akan ada pemasangan sheet pile (dinding tetap) sebelum dilakukan pengerukan. Sebagai langkah untuk bisa menangani polusi airnya,” kata Anies dalam Jumat (16/11).

Solusi yang diberikannya kali ini diharapkan dapat menangani masalah polusi yang melanda Kali Item. Anies menginginkan warga sekitar tak lagi mencium bau tak sedap dari sana karena air sungai benar-benar bersih, bukan karena direkayasa.

Untuk itu, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini telah mengisntruksikan Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta untuk membenahi sumber-sumber polutannya. Salah satunya dengan memantau pembuangan sisa kegiatan produksi di daerah sekitarnya.

“Sumber-sumber polutannya yang harus dikelola, jangan jadikan sungai itu tempat pembuangan sisa-sisa kegiatan produksi. Misalnya tahu tempe ampasnya dibuang ke sungai,” imbaunya 

Anies pun bahkan mengaku pernah menemukan sampah berupa kasur besar yang dibuang di Kali Sentiong. Sampah seperti ini tentu lebih sulit untuk ditangani.

Pencopotan jaring ini pun mendapat reaksi beragam dari warga sekitar. Banyak yang mendukung, tapi tak sedikit pula yang menyatakan penolakannya.

Warga yang mendukung rata-rata mengaku merasa iba dengan para petugas yang harus bekerja dua kali untuk membersihkan sampah. Pertama adalah sampah yang menyangkut di jaring dan kedua adalah sampah yang jatuh ke permukaan kali. Red

Komentar

News Feed