oleh

Bamunas Setiawan Boediman, Calon Wali Kota Cirebon Yang Merakyat

-Daerah-1.059 views

Cirebon, PUBLIKASInews.com – Salah satu syarat mutlak seorang pemimpin yaitu Ia harus merakyat. Presiden RI, Joko Widodo misalnya, berkat kepemimpinannya yang merakyat, mantan Wali Kota Solo dan Gubernur DKI Jakarta itu kini menjadi orang nomor satu di Indonesia.

Di Kota Cirebon, Jawa Tengah, salah seorang calon Wali Kota yang memiliki sifat kepemimpinan yang merakyat ada pada diri H. Bamunas Setiawan Boediman. Pria yang biasa disapa Oki itu digadang gadang calon kuat Wali Kota Cirebon 2018-2023 yang diusung PDIP.

Pilkada serentak 2018 tak lama lagi akan dilaksanakan di sejumlah daerah di tanah air. KPU RI sudah menetapkan tanggal pencoblosan Pilkada Serentak 2018 yaitu pada tanggal 27 Juni 2018. Ada 171 daerah yang mengikuti Pilkada 2018.

Dari 39 Kota yang akan mengikuti Pilkada serentak tersebut salah satunya adalah kota Cirebon.

Di antara para bakal calon Wali Kota Cirebon yang akan bertarung pada Pilkada serentak 2018, salah satu figur yang dipopulerkan masyarakat kota Cirebon yaitu pengusaha H. Bamunas Setiawan Boediman.

Pilihan PDIP terhadap Oki untuk maju dalam Pilkada serentak 2018 memang sudah sangat tepat. Karena selain memiliki jaringan yang kuat sampai tingkat elite politik, Oki juga sosok pemimpin yang rendah hati dan tak mau takabur.

“Saya tidak mau gembor-gembor dulu, termasuk apakah saya akan maju atau tidak, nanti kita lihat saja. Kalau memang Allah menghendaki, pasti ada jalan untuk ke sana,” kata Oki, seperti dikutip dari Akuratnews.com.

Saat ditemui di Cirebon belum lama ini, Oki sempat mengemukakan pemikirannya mengenai sosok ideal seorang pemimpin. Ia pun langsung menyebut nama Presiden RI Joko Widodo yang merupakan sosok seorang pemimpin yang ideal.

“Saya banyak terinspirasi dari beliau bahwa seorang pemimpin itu harus memberi contoh kepemimpinannya kepada masyarakat. Walau semua orang bilang itu pencitraan saya lebih lihat kepada hasil kerja beliau.” kata Oki.

Setiap pemimpin menurut Oki memiliki kebijakan masing-masing untuk masyarakatnya. Oki sendiri tentunya juga akan menetapkan sebuah kebijakan yang berorientasi kepada masyarakat kecil di kota Cirebon jika dirinya terpilih nanti menjadi Wali Kota.

“Memang setiap kebijakan itu pada awalnya semua orang tidak setuju. Tapi kita lihat hasilnya. Contoh seperti di Jakarta, pada jaman gubernur Sutiyoso bikin busway, semua orang protes, tapi kenyataannya busway bisa dinikmati. Apa yg dilakukan Jokowi kita mau ngomong apa? Saya setuju karena Jokowi orang pintar. Apa yg kita pikir gak mungkin, kok bisa dia lakukan.” ujar Oki.

Menurut Oki, masih banyak orang yang salah menilai terhadap gaya kepemimpinan Jokowi. Sebagian kalangan bahkan mengatakan jika Jokowi merupakan sosok pemimpin yang hanya bisa mengikuti cara-cara kepemimpinan Presiden sebelumnya.

“Ada yang bilang Jokowi hanya bisa selesaikan pekerjaan rumah Presiden sebelumnya. Tapi kenyataannya Jokowi yang bisa membuka dan mempercepat jalan Trans Jawa. Dari situ tentunya perekonomian akan berjalan lagi.” tambah Oki

Menyinggung soal figur yang tepat sebagai pendamping Jokowi, Oki menyerahkan sepenuhnya keputusan pada Presiden.

“Wakil banyak tapi tergantung Jokowi yang bisa mengikuti sistem cara bekerjanya dan orang itu bisa melanjutkan kepemimpinan Jokowi. Jangan ganti Presiden pasti akan ganti policy lagi. Yang sudah berjalan ya diteruskan lagi dan kriteria wakilnya itu adalah orang yang bisa melanjutkan apa saja yang sudah dilakukan Jokowi.” tutup Oki. (Akrt)

Komentar

News Feed