oleh

Berqurban hakikatnya bukan hanya Penyembelihan hewan, tapi lebih kepada Sikap Kebersamaan

Kota Bekasi – PublikasiNews.Com | Bulan haji tahun ini merupakan termasuk kondisi ekonomi boleh dikatakan semua orang alami masa sulit (susah). Dan hari raya Idul Adha 1441 Hijriyah pada hakikatnya bermakna tidak selalu soal penyembelihan hewan qurban. Karena pada saat kondisi normal Idul Adha memang identik dengan penyembelihan hewan qurban di masjid masing-masing.

Hal ini dikatakan Ketua Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila (MPC PP) Kota Bekasi, Ariyes Budiman ketika menjawab pertanyaan awak media disela-sela kegiatan pemotongan hewan qurban yang dilaksanakan bertempat dihalaman MPC PP Kota Bekasi, Jalan Chairil Anwar Nomor 4, RT.004/RW.009, Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur Kota Bekasi Jawa Barat pada, Jum’at (31/07/2020).

Ketua Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila (MPC PP) Kota Bekasi, Ariyes Budiman (kiri) ketika melakukan pemeriksaan hewan qurban sebelum dilaksanakan proses pemotongan terhadap 1 ekor Sapi dan 3 ekor Kambing yang akan dilakukan penyembelihan bertempat dihalaman MPC PP Kota Bekasi, Jalan Chairil Anwar Nomor 4, RT.004/RW.009, Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur Kota Bekasi Jawa Barat pada, Jum’at (31/07).dok-red

“Alhamdulillah bisa memotong 1 ekor Sapi dan Kambing 3 ekor meskipun masih dalam nuansa COVID-19 dan suasana news normal. Pemerintah sendiri telah mewajibkan penyembelihan hewan qurban dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan, dengan tanpa adanya kerumunan orang dengan selalu memakai masker serta penerapan social distancing dan physical distancing,” kata bang Yes, sapaan akrab Ketua MPC PP Kota Bekasi itu.

“Kondisi sulit dan memang artinya ada sebagian anggota PP yang tengah bekerja jadi berhenti, terkena pengurangan pegawai (PHK) oleh perusahaan. Namun tetap dapat merasakan kesolidan diantara kita,” tutur bang Yes.

Masih kata bang Yes, perwujudan solidaritas tidak hanya saat penyembelihan hewan qurban saja. “Mulai dari fase pembelian, perawatan, penyembelihan, dan pendistribusian maupun pembagian hewan qurban memiliki wujud solidaritas dan loyalitas masing-masing pribadi,” ungkapnya.

Ariyes juga memaparkan bahwa pembagian hewan qurban juga berbeda dari biasanya. Jika pembagian daging ditahun-tahun sebelumnya dilakukan secara merata entah akamsi atau bukan. Alokasi daging tahun ini diserahkan penuh kepada seluruh anggota, jika berlebih dibagikan kepada warga luar. Kebijakan tersebut terpaksa diberlakukan karena tidak dibolehkan adanya kerumunan.

“Kita salurkan ke anggota-anggota Pemuda Pancasila yang merasa membutuhkan dan tentunya memang wajib menerimanya. Dibagikan yang jelas untuk anggota PP dulu mungkin berapa dapatnya,” papar Ariyes.

Diungkapkannya pula, bahwa qurban kali ini panitia mendapat bantuan dari Wali Kota Bekasi Dr. H. Rahmat Effendi, Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto Tjahyono, serta sumbangan bantuan untuk hewan qurban dari PT Hadez Graha Utama.[]

Penulis : Zark

Komentar

News Feed