oleh

Bisnis Bertaraf Global Memiliki Danpak Signifikan Menentukan Hasil Positif

Jakarta Publikasinews.com – Menjadi bisnis bertaraf global tidak pernah mudah. Ini dapat memiliki dampak signifikan pada aktivitas bisnis Anda yang sudah ada, jadi Anda harus menentukan apakah hasil positif lebih besar daripada risikonya, kemudian buat langkah yang diperhitungkan.

Namun, untuk usaha kecil, tidak pernah mudah untuk memutuskan kapan akan mengambil lompatan ke pasar global. Apa yang harus dipertimbangkan sebelum meluncurkan bisnis di negara asing? Itu adalah salah satu pertanyaan paling umum yang dihadapi bisnis yang sedang tumbuh.

Berikut adalah lima poin utama yang perlu dipertimbangkan untuk memaksimalkan keberhasilan usaha Anda di pasar global atau luar negeri:

1. Periksa neraca Anda

Anda harus memahami bahwa memperluas secara geografis adalah urusan yang mahal, karena Anda harus menyewa kantor baru, membangun sumber daya manusia, menjalankan kampanye pemasaran untuk menyebarkan kesadaran merek dan masih banyak lagi. Penting untuk mengetahui berapa banyak modal yang Anda butuhkan sebelum terjun dan memasuki pasar asing.

Ingin tahu tentang biaya ekspansi global? Ya, itu tergantung pada sifat bisnis Anda dan lingkungan hukum, peraturan, dan budaya negara target. Selama proses uji tuntas, Anda harus memeriksa neraca dan laporan arus kas Anda untuk menentukan apakah Anda berada dalam posisi untuk menangani semua biaya yang terlibat dalam inisiatif global.

2. Tahu pasar baru

Pasar asing dapat sepenuhnya berbeda dari pasar di negara asal Anda. Bahkan secara regional, perilaku pasar dan konsumen dapat berbeda secara drastis. Selain itu, mungkin ada hambatan bahasa dan budaya, kepatuhan pajak dan persaingan ketat dari merek lokal.

Anda harus mengetahui pasar baru sebelum memulai bisnis di sana. Apa yang harus Anda pertimbangkan tentang pasar baru? Antara lain: apakah produk atau layanan akan dijual di negara yang ditargetkan? Pemain lokal mana yang akan memberi Anda persaingan ketat? Bagaimana Anda dapat menemukan mitra/tim yang tepat? Bagaimana Anda bisa membangun rantai pasokan yang sangat mudah? Bagaimana pelanggan asing menerima ide bisnis ini?

Semakin baik pemahaman Anda tentang target pasar Anda, semakin sedikit gesekan yang Anda hadapi dalam membangun merek dan jejak kaki Anda.

3. Buat rencana bisnis yang solid

Anda perlu membuat rencana bisnis yang solid untuk memberikan arahan pada bisnis Anda di negara asing. Memulai perjalanan bisnis Anda di negara asing tanpa rencana bisnis akan seperti mengemudi dengan mata tertutup dan berharap untuk mencapai tujuan Anda. 

Rencana bisnis yang ditulis dengan sempurna mencakup potret bisnis, tinjauan bisnis, rencana operasi, analisis pasar, analisis persaingan, rencana keuangan, dan proyeksi bisnis Anda. Kesalahan umum di antara bisnis adalah mengadopsi rencana bisnis negara asal untuk pasar luar negeri. Anda harus melakukan perubahan berdasarkan permintaan pasar lokal.

4. Buat rencana pemasaran yang agresif

Anda mungkin telah meluncurkan produk atau layanan terbaik dunia, tetapi sayangnya, tidak ada yang akan membeli kecuali Anda menjelaskan mengapa Anda yang terbaik. Pemasaran adalah suatu keharusan untuk menyebarkan berita tentang produk atau layanan Anda. Tanpa memiliki rencana pemasaran yang agresif, Anda tidak dapat berhasil dalam usaha asing Anda.

Baik itu pemasaran konten, pemasaran media sosial, pemasaran inbound atau jenis pemasaran lainnya, Anda perlu menyesuaikan strategi Anda sesuai dengan pasar lokal. Selain itu, Anda harus mencoba memahami budaya lokal atau menyewa ahli budaya setempat untuk menghindari kesalahan budaya dalam kampanye pemasaran Anda.

5. Memiliki rencana untuk meningkatkan modal Tak perlu dikatakan, meluncurkan bisnis Anda di negara asing adalah upaya yang mahal. Pengeluaran kantor, gaji karyawan, dan berbagai pengeluaran bisnis lainnya dapat mengeringkan modal Anda dengan cepat. Anda mungkin perlu mengumpulkan uang untuk menjalankan mesin pertumbuhan. Dan, Anda dapat menebaknya, Anda akan memerlukan rencana untuk itu juga.

Anda membutuhkan modal kerja yang cukup untuk bertahan antara 6 dan 12 bulan, tergantung pada bisnisnya. Itu selalu lebih baik untuk memiliki rencana sehingga Anda dapat mengumpulkan uang untuk bisnis Anda jika Anda menghadapi kelelahan keuangan. Ada banyak contoh di mana ekspansi asing berdampak operasi di negara asal karena kurangnya modal atau arus kas yang lemah. Red

Komentar

News Feed