oleh

Direktur Teknik Garuda Indonesia Memastikan Boeing 737 Mas 8 Layak Terbang Hasil Pemeriksaan dan Analisa DKPPU

Direktur Teknik Garuda Indonesia, I Wayan Susena memastikan pesawat jenis B737 Max 8 yang merupakan pesawat dengan jenis yang sama dengan pesawat Lion JT 610 aman untuk digunakan. 

“Dalam menjalankan kegiatan operasionalnya, Garuda Indonesia senantiasa mengacu dan patuh terhadap seluruh ketentuan yang dikeluarkan oleh regulator,” ujar dia dalam keterangan tertulis. Jumat (9/11/2018). 

Hasil pemeriksaan khusus kelaikudaraan pesawat jenis B737 Max 8 beberapa waktu yang lalu, dipastikan armada B737 Max 8 layak terbang. Pemeriksaan khusus tersebut telah dilakukan oleh Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU) – Kementerian Perhubungan dan Garuda Indonesia pada tanggal 30 Oktober lalu yang lalu sesuai dengan surat yang dikeluarkan Direktur KPPU. Tegasnya 

“Pemeriksaan khusus tersebut meliputi indikasi repetitive problems, pelaksanaan troubleshooting, kesesuaian terhadap prosedur dan implementasi pelaksanaan aspek kelaikudaraan dan juga kelengkapan peralatan untuk melakukan troubleshooting pada pesawat B737 Max 8 tersebut. 

Hasil  Pemeriksaan dan Analisa , DKPPU dalam pernyataan yang telah disampaikan kepada publik menyimpulkan bahwa inspeksi rutin terhadap pesawat B737 Max 8 yang dioperasikan Garuda Indonesia tersebut telah melalui proses maintenance sesuai jadwal, komponen terpasang tidak melewati batas umur pakai, serta tidak ditemukan adanya gangguan teknis pada fitur mesin pesawat. 

“Garuda Indonesia sebagai maskapai penerbangan nasional terus berupaya mengedepankan komitmen dan budaya safety dalam seluruh lini operasionalnya. 

Hal tersebut sejalan dengan value aspek safety sebagai core operasional perusahaan yang sudah tertanam dalam budaya kerja jajaran karyawan dan lini operasional Garuda Indonesia,” papar dia.

Selain itu, pihaknya juga berupaya maksimalkan aspek safety pada pengoperasian 1 (satu) armada B737 Max 8. Garuda Indonesia juga telah melakukan koordinasi intensif dengan Boeing selaku pabrikan pesawat dengan melakukan update manual mitigasi pengoperasian Boeing 737 Max 8 sesuai dengan Flight Crew Operating Manual Bulletin (FCOM) yang telah diupdate lebih lanjut oleh Boeing. 

Sebelumnya, pada April lalu Garuda Indonesia telah melewati proses audit setiap dua tahuban dan telah memperbaharui sertifikat IOSA (IATA Operational Safety Audit) Certificate untuk ke-6 kalinya, dimana pada tahun 2008 Garuda Indonesia menjadi perusahaan penerbangan pertama di Indonesia yang mendapatkan Sertifikat tersebut.  Red

Komentar

News Feed