oleh

DPC GRIB Kota Bekasi jadikan Analisa & Evaluasi Momentum Mukerda GRIB Tingkat Jawa Barat 2019

Kota Cirebon, PublikasiNews.Com – Kegiatan Musyawarah Kerja Daerah Gerakan Rakyat Indonesia Baru (MUKERDA GRIB) tingkat DPD Jawa Barat 2019, yang mengusung Tema “Dengan Semangat Kebersamaan dan Kemandirian GRIB Jawa Barat menuju Indonesia Maju yang Berkeadilan”. Kegiatan ini juga dalam rangka mendukung dan sinergitas terhadap Pemerintah Kota Cirebon. Acara tersebut diselenggarakan bertempat Grand Ballroom di Hotel Prima, Jalan Siliwangi Nomor 107, Kebonbaru, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon Jawa Barat pada, Rabu (11/12/2019).

Ketua Umum GRIB, H. Hercules R. Marshal bersama Wali Kota Cirebon, Drs. Nasrudin Aziz, S.H., serius ketika mengikuti rangkaian acara Kegiatan MUKERDA GRIB Jawa Barat tahun 2019, yang diselenggarakan bertempat di Grand Ballroom, Hotel Prima, Jalan Siliwangi Nomor 107, Kebonbaru, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon Jawa Barat pada, Rabu (11/12).dok-istimewa

Rangkaian acara diawali dengan pementasan ‘Tari Topeng’ yang dipersembahkan oleh sanggar Galih Pawentar persembahan dari Laskar Agung Macan Ali Kesultanan Cirebon. Seperti diketahui, Tari Topeng ini telah keliling Indonesia serta mancanegara, seperti Malaysia, Singapura, Taiwan, Hongkong dan Bosnia. Dilanjutkan penampilan atraksi ‘Pencak Silat’ dari Perguruan Pencak Silat Padjajaran Nasional.

Kegiatan Mukerda GRIB ini, dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan dengan penyampaian kata sambutan atas Laporan ketua panitia Penyelenggaran Mukerda GRIB Jawa Barat yang disampaikan oleh Adilla Naily Huda, S.I.P., yang mengatakan bahwa dirinya sangat mengapresiasi atas dukungan yang diberikan hingga terlaksananya Kegiatan Mukerda yang berjalan sukses.

Ketua panitia Penyelenggara MUKERDA GRIB Jawa Barat 2019, Adilla Naily Huda, S.I.P., saat menjawab pertanyaan awak media mengatakan bahwa dirinya sangat mengapresiasi atas dukungan yang diberikan hingga terlaksananya Kegiatan Mukerda GRIB tingkat Jawa Barat tahun 2019 yang berjalan, lancar, kondusif dan sukses.dok-istimewa

“Tujuan dilaksanakan Mukerda adalah, merupakan rangkaian sebuah kegiatan yang sangat berkesan karena dengan mendapat support sangat besar dari seluruh jajaran GRIB. Serta berharap kegiatan Mukerda terlaksana dan berjalan dengan lancar dan kondusif,” ujarnya.

Selanjutnya, kata sambutan juga disampaikan Ketua DPD GRIB Jawa Barat, Erik B. Karnasetia, S.E., M.Si., serta R. Irwan Herlambang selaku Ketua DPC GRIB Kota Cirebon sebagai tuan rumah kegiatan Mukerda GRIB Jawa Barat tahun 2019.

Sementara itu, H. Hercules Rozario Marshal selaku Ketua Umum (DPP) GRIB dalam amanat sambutannya yang sekaligus memberikan pengarahan kepada seluruh peserta yang hadir dalam Mukerda Jawa Barat 2019.

Pesan dan Pengarahan dari Ketua Umum GRIB, H. Hercules Rozario Marshal, ketika menyampaikan amanat sambutannya didepan Ratusan Peserta yang hadir serta ikut jadi bagian dalam rangka mensukseskan kegiatan *MUKERDA GRIB DPD Jawa Barat 2019* yang dilaksanakan di Hotel Prima Kota Cirebon pada, Rabu (11/12).dok-istimewa

“Saya mengimbau, bahwa kita dapat berpartisipasi dengan masyarakat, membantu selalu bersinergi dengan pemerintah daerah serta bekerjasama dengan aparat TNI/Polri demi menjaga kondusifitas daerah diseluruh wilayah Cirebon. GRIB diusianya yang telah mencapai 8 tahun, sejak berdiri 2011 tentunya bergerak secara profesional,” tuturnya.

Hercules dalam pemaparannya juga memberikan pemahaman terkait anggota-anggota yang bekerja dilapangan. “Kadangkala terjadinya cekcok akibat salah paham, kurangnya koordinasi ataupun miskomunikasi. Hal ini tentunya harus diselesaikan secara musyawarah untuk mufakat dalam kebersamaan,” imbaunya.

(Dari kanan ke kiri) Ketua DPC GRIB Kota Bekasi, Johanes Boromeo yang sering disapa Ajhon (kedua dari Kanan) dengan didampingi Sekretaris Arist Muzakir dan Bendahara DPC, Arya Wicaksana ketika menghadiri Mukerda GRIB Jawa Barat tahun 2019, Kamis (11/12).dok-red

Hercules juga sangat menyayangkan sikap apriori masyarakat bahwa sosok yang menyeramkan itu, identik dengan kriminal, yang menganggap penjahat, residivis ataupun premanisme. “Akan tetapi, mereka yang mengatakan hal itu tidak dapat menjelaskan arti premanisme itu sendiri karena, kita harus yakin Tuhan tidak tidur,” tegas Hercules.

Setelah selesai laporan penyelenggaraan dan kata prolog, dilanjutkan dengan kata sambutan dari Wali Kota Cirebon, Drs. Nasrudin Aziz, SH mewakili masyarakat Kota Cirebon serta sekaligus secara resmi membuka kegiatan Mukerda GRIB Jawa Barat tahun 2019.

“Bahwa seluruh Ormas maupun LSM untuk menjadi bagian dari Pemerintah daerah Cirebon, serta dapat mengawal pembangunan diwilayah Kota Cirebon, sehingga pembangunan di Kota Cirebon kedepan semakin baik dan lebih maju,” kata Wali Kota, Nasrudin.

“Tentunya saya berharap, GRIB kedepannya dapat terus bekerja secara profesional, dan lebih baik ditingkat daerah maupun pada tingkat Nasional, karena sebaik-baiknya manusia adalah kita dapat bermanfaat untuk manusia lainnya,” pungkasnya.

Wali Kota Cirebon, Drs. Nasrudin Aziz, S.H., (kanan) ketika memberikan keterangan pers-nya menjawab pertanyaan wartawan usai membuka kegiatan MUKERDA GRIB Tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2019 dengan didampingi Ketua Umum GRIB, H. Hercules Rozario Marshal (kiri) pada, Rabu (11/12).dok-istimewa

Ketika memberikan keterangan pers-nya saat menjawab pertanyaan awak media, Wali Kota Cirebon, Nasrudin juga menyampaikan harapannya bahwa seluruh Ormas dan LSM yang ada di Kota Cirebon dapat selalu bersinergi dengan Pemkot Cirebon.

“LSM maupun Ormas yang ada di Kota Cirebon, khususnya adalah ormas GRIB terus ikut berperan serta didalam mengawal pembangunan di Kota Cirebon. GRIB Kota Cirebon maupun ditingkat Provinsi Jawa Barat harus mampu mengawal pembangunan daerah. Begitu juga pada tingkat nasional, itulah yang terpenting,” papar Nasrudin.

Dalam artian, lanjut Nasrudin, bentuk pengawalan pembangunan adalah pertama bagaimana ormas GRIB beserta ormas/LSM lain dalam mengantisipasi hal yang tak diinginkan.

“Mampu mencegah apabila ada rongrongan dari pihak lain (tak dikenal), mampu memberikan masukan, menyampaikan saran dan kritikan kepada pemerintah. Dapat memberikan solusi atau jalan keluar atas permasalahan yang ada di pemerintah daerah,” ungkap Nasrudin.

Ketua DPC GRIB Kota Bekasi, Johanes Boromeo atau yang sering disapa bang Ajhon (tengah) dengan didampingi (dari kiri kekanan) Bendahara DPC Kota Bekasi, Arya Wicaksana serta Sekretaris Arist Muzakir saat bersama (kanan kekiri) Panglima Elang dan Ketua Umum GRIB, H. Hercules R. Marshal disela-sela acara kegiatan MUKERDA GRIB Tingkat Provinsi Jawa Barat yang digelar di Hotel Prima Kota Cirebon pada, Rabu (11/12).dok-istimewa

“Jika semua bisa menyatu serta selalu bersinergi secara terintegrasi, saya yakin dan percaya bahwa kedepannya Kota Cirebon akan semakin berubah, menjadi kota yang lebih baik dan tentunya kota yang sejahtera masyarakatnya, saya kira itu,” tandasnya.

Ditempat yang sama, Ketua DPC GRIB Kota Bekasi, Johanes Boromeo (Ajhon) dengan didampingi Sekretaris Arist Muzakir dan Bendahara DPC, Arya Wicaksana mengatakan pihaknya sangat antusias dengan kegiatan yang dilaksanakan sebagai bentuk komitmen dalam rangka analisa dan evaluasi DPC GRIB Kota Bekasi.

Selain itu, sebagai tindak lanjut dari program jangka pendek, menengah dan jangka panjang Rencana Kerja dan program DPC GRIB Kota Bekasi secara berkesinambungan tentunya.

“Selain itu, dalam rangka mengevaluasi, merekap permasalahan dan kendala dalam melaksanakan program ataupun kegiatan pada tahun 2019 dan perencanaan tahun 2020 diseluruh tingkat PAC maupun sebagai pembanding untuk Wilayah lingkungan DPC organisasi GRIB,” kata Ajhon, sapaan akrab Ketua GRIB DPC Kota Bekasi tersebut.

Lebih lanjut, Ajhon menuturkan bahwa kesempatan ini merupakan momentum untuk menyampaikan bahwa sasaran Mukerda tingkat DPD Jawa Barat adalah tersusunnya Rencana Kerja Tahunan, untuk Tahun anggaran 2020 serta berdasarkan output dan jenis kegiatan di tahun-tahun sebelumnya.

Pembacaan do’a dipimpin oleh ustadz Eman Gunawan, dan acara kegiatan Mukerda GRIB Jawa Barat 2019 diikuti oleh sekitar 1.000 peserta dan anggota, dari seluruh DPC se-Jawa Barat selain ratusan massa ormas undangan yang memadati areal Hotel Prima Kota Cirebon.[]Jark

Komentar

News Feed