oleh

DPI Minta seluruh Jurnalis Bantu Polri mengungkap Pelaku Pembunuhan Demas Laira

Jakarta – PublikasiNews.Com | Ketua Dewan Pers Indonesia (DPI) Heince Mandagi menyampaikan rasa keprihatinannya atas peristiwa pembunuhan sadis yang dialami Demas Laira (28) wartawan media online kabardaerah.com ketika ditemukan di pinggir Jalan Dusun Salu Bijau, Desa Tasokko, Kecamatan Karossa Mamuju Tengah (Mateng), Sulawesi Barat pada, Rabu dinihari (19/08/2020).

Demas Laira yang berprofesi sebagai wartawan online kabardaerah.com semasa Hidup, saat tewas korban berusia 27 tahun 8 bulan. Ia ditemukan dipinggir jalan raya dengan luka-luka Tusukan dibadannya pada, Rabu (19/08).dok-istimewa

Sebelumnya, korban Demas Laira ditemukan terkapar di pinggir jalan oleh warga Dusun Salu Bijau, Kecamatan Karossa, Kabupaten Mateng dalam kondisi sudah tak bernyawah dengan sejumlah luka tusukan di bagian ketiak sebelah kiri dan dada pada pukul 02.00 WITA.

Hal ini berdasarkan keterangan yang dihimpun, Kasat Reskrim Polres Mamuju Tengah Iptu Agung Setyo Negoro membenarkan hal tersebut, memang benar Demas Laira (28) merupakan wartawan korban pembunuhan.

Demas Laira (28) ketika ditemukan di pinggir Jalan Dusun Salu Bijau, Desa Tasokko, Kecamatan Karossa Mamuju Tengah (Mateng), Sulawesi Barat sudah tidak bernyawa. Dan diduga telah membuat karya jurnalistik yang pernah dimuat di dua media, kabardaerah.com dan indometro.id, sebagaimana ID Card yang ditemukan polisi saat korban ditemukan ketika olah TKP pada, Rabu (19/08).dok-istimewa

“Korban yang sudah diketahui Identitas nya Bernama Demas Laira (28) yang berprofesi sebagai Wartawan kabardaerah.com adalah benar sebagai korban pembunuhan,” Ucap Iptu Agung Setyo Negoro.

Dalam hal ini, Mandagi juga berharap agar pihak Kepolisian harus segera mengungkap siapa pelaku pembunuhan sadis ini dan apa motif di balik peristiwa tersebut. “Kami menyerukan kepada seluruh pimpinan redaksi media apapun agar kiranya dapat menugaskan wartawannya di Sulawesi Barat untuk membantu polisi mengungkap siapa pelaku dan dalang kejadian ini,” tutur Mandagi.

Ketua Dewan Pers Indonesia (DPI), Heince Mandagi meminta pihak Kepolisian dapat segera mengungkap kasus pembunuhan sadis terhadap wartawan online kabardaerah.com, Demas Laira (28) yang ditemukan tergeletak sudah tak bernyawa di pinggir Jalan Dusun Salu Bijau, Desa Tasokko, Kecamatan Karossa Mamuju Tengah (Mateng), Sulawesi Barat pada, Rabu dinihari (19/08).dok-istimewa

Wartawan profesional, menurut Mandagi, biasanya memiliki kemampuan untuk melakukan investigasi kasus sehingga sangat berpotensi untuk bisa membantu pihak kepolisian dalam menelusuri jejak kasus ini melalui karya jurnalistik yang pernah dibuat oleh korban Demas Laira di dua media, kabardaerah.com dan indometro.id, sebagaimana ID Card yang ditemukan polisi saat korban ditemukan ketika olah TKP.

“Dewan Pers Indonesia berharap insan pers di Mamuju Tengah, termasuk pimpinan redaksi di tempat korban bekerja tidak hanya mengecam perbuatan pelaku pembunuhan tapi segera bertindak mencari semua informasi keterkaitan korban dengan peristiwa atau kasus yang pernah diliputnya untuk dijadikan sebagai bukti petunjuk kepada pihak polisi untuk memudahkan pengungkapan kasus ini dan menangkap pelakunya,” imbuhnya.

Mandagi juga yakin dengan kemampuan dan kecanggihan intelejen Polri maka kasus ini akan bisa segera terungkap sehingga motif pembunuhan bisa ikut terungkap termasuk dalang dari peristiwa ini.

Untuk menghindari kasus serupa terjadi kepada wartawan, Mandagi menyarankan dan berpesan agar setiap wartawan yang menulis berita soal kasus yang membongkar penyimpangan oknum tertentu, agar lebih waspada dan tidak beraktifitas di luar rumah sendirian.[]hms/dpi

Komentar

News Feed