oleh

Evaluasi penyelenggaraan Pemilu 2019, BAWASLU Kota BEKASI Gelar Media Gathering

Kota Bekasi, PublikasiNews.Com – Acara Media Gathering yang merupakan sebagai kegiatan pemersatu antara Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dengan media massa digelar Bawaslu Kota Bekasi bersama awak media dalam rangka Evaluasi Penyelenggaraan Pemilihan Umum Legislatif serta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden RI Tahun 2019, dengan mengambil lokasi di Wisma PONDOK WISATA hobi hobi yang terletak di Jalan Raya Hankam Nomor 33, Jatirahayu Pondok Melati, Kota Bekasi Jawa Barat.

Tomy Suswanto, S.E., ketika secara resmi membuka Acara kegiatan Media Gathering yang dilaksanakan BAWASLU Kota Bekasi bersama Media Massa dalam rangka Evaluasi Penyelenggaraan Pemilu 2019. Kegiatan tersebut digelar bertempat di Wisma PONDOK WISATA hobi hobi terletak di Jalan Raya Hankam Nomor 33, RT.009/RW.008, Kelurahan Jatirahayu, Kecamatan Pondok Melati, Kota Bekasi Jawa Barat pada, Jum’at – Sabtu (21-22 Nopember 2019).dok-istimewa

Kegiatan yang dilaksanakan dengan agenda sejak Jum’at 22 Nopember, pukul 14.00 WIB hingga Sabtu siang, 23 Nopember 2019, tampak dihadiri oleh Anggota Komisioner Bawaslu Kota Bekasi, diantaranya Novita Ulya Hastuti, S.Pd.I., Choirunnisa Marzoeki, S.Psi., Ali Mahyail, S.E., M.M., Moh. Iqbal Alam Islami, S.Th.I., dan Kepala Sekretariat Bawaslu provinsi Jawa Barat yang diwakili oleh Billy,  Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO), Iwan (Xucrith) Nendy Kurniawan bersama anggotanya, Komunitas wartawan Rujuk, serta Forum Jurnalis Bekasi (Forjas).

Acara kegiatan media gathering dibuka langsung secara resmi oleh Ketua Bawaslu Kota Bekasi, Tomy Suswanto, S.E., dan dirangkai dengan pemaparan dan pengarahan peran media massa dalam penyelenggaraan Pemilu 2019.

Sesi pertama kegiatan Media Gathering BAWASLU Kota Bekasi beragendakan pemaparan dan diskusi melalui pembahasan dengan materi Evaluasi penanganan pada Pelaksanaan Pelanggaran Pemilu tahun 2019, yang disampaikan Kepala Sekretariat BAWASLU Provinsi Jawa Barat yang diwakili Billy selaku pembicara pada, Jum’at siang (22/11).dok-istimewa

Apresiasi Tomy selaku Ketua Bawaslu Kota Bekasi jelas — dengan menilai jurnalis sebagai sahabat selama hajatan Bawaslu tahun 2019 mengawal pesta demokrasi  hingga sinergitas berjalan sangat baik. 

“Sahabat-sahabat media  memberi sinergitas positif dan jelas saat Bawaslu mengemban hajatan demokrasi terkait dengan hal hal perjalanan dan prestasi,” tutur Tommy di depan puluhan jurnalis Kota Bekasi. 

Bahkan saat harus beradu nyali terkait  dengan keberanian melakukan tindakan proses hukum terhadap pada para pelaku pelanggaran pesta demokrasi yang cukup marak dalam pemilu 2019 pun tetap jadi fokus.

Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) Kota Bekasi, Iwan (Xucrith) Nendi Kurniawan (depan) ketika menghadiri Kegiatan Media Gathering BAWASLU Kota Bekasi bersama Awak Media Massa. Tampak komisioner BAWASLU, Novita Ulya Hastuti, S.Pd.I., (kanan-depan) Choirunnisa Marzoeki, S.Psi.,(tengah-depan).dok-red

“Dalam hal penanganan dan proses pelanggaran pemilu dilakukan secara prosedural tetap mengutamakan secara profesional melalui tahapan pengawasan dan penindakan,” tutur Tommy.

Hal ini berdampak positif dengan diraihnya penghargaan oleh Bawaslu Kota Bekasi terkait dengan kemudahan akses terbaik tingkat provinsi, yakni lembaga pengawas Pemilu dengan tingkat keterbukaan informasi publik se-Jawa Barat. Maka harapan kedepannya pada saat Bawaslu mengadakan kegiatan atau event-event selalu bersinergi dengan para jurnalis di Kota Bekasi dalam rangka mempublikasikan program ataupun sosialisasi kepada publik.

Dalam sesi selanjutnya dilakukan pembahasan terkait  penyampaian evaluasi penanganan dan pelanggaran pemilu, evaluasi proses sengketa pemilu, evaluasi Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU), serta dukungan sekretariat pada pelaksanaan Pemilu 2019.

Sedangkan memasuki pelaksanaan kegiatan Bawaslu berikutnya, materi yang disampaikan meliputi evaluasi Sumber Daya Manusia (SDM) dan organisasi, serta evaluasi pengawasan, pencegahan, dan hubungan antar lembaga yang dipaparkan oleh komisioner Bawaslu Kota Bekasi, Choirunnisa dan Ali Mahyail.[]Jark

Komentar

News Feed