oleh

Kain Tenun Ikat Tanimbar Dipamerkan Dalam Bentuk Fahsion Shaw di Pameran Maluku Expo 2018

Ambon, Publikasinews.com – Salah satu hasil khas daerah yang ditampilkan oleh Provinsi Maluku pada Pameran Maluku Expo 2018, guna memeriahkan Pesparani Katolik Nasional I di Kota Ambon yaitu Kain Tenun Ikat dari Kepulauan Tanimbar.

Ketua Tim Penggerak PKK (TP-PKK) Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Joice Fatlolon memamerkan Kain Tenun Ikat Tanimbar, dalam bentuk Fahsion Show di Ambon, Minggu (28/10/2018).

Menurut Fatlolon, Fahsion Show yang dilaksanakan guna mendukung Pesparani Katolik Nasional I di Kota Ambon dan merupakan kerja sama Pemerintah Maluku Tenggara Barat melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pariwisata dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Maluku Tenggara Barat.

Tujuannya adalah; untuk mempromosikan Kain Ikat Tenun yang berasal dari Tanimbar.

“Ada 20 buah baju yang kami siapkan dari Kain Tenun Ikat Tanimbar. Baju tersebut bukan saja dipakai untuk acara adat dan budaya, namun dipakai juga untuk kesehariannya seperti untuk kantoran, pesta dan lain-lain,”ucapnya.

Kain Ikat Tenun Tanimbar tidak kalah saingnya dengan kain ikat tenun dari daerah-daerah lain, karena desainernya berasal dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan juga dari Dekranasda MTB.

Dikatakan, Fahsion Show ini merupakan yang keempat kali sejak dirinya menjabat sebagai Ketua Dekranasda Kabupaten MTB.

“Kita melakukan Fashion Show yang pertama dan kedua saat Rakernas Dekranasda tahun 2017 dan 2018, ketiga saat HUT Kabupaten MTB tahun 2018 di Saumlaki dan Fashion Show keempat pada Pesparani Katolik Nasional I di Ambon,”ungkapnya.

Fatlolon berharap, ini merupakan salah satu sarana untuk mempromosikan Kain Tenun Ikat Tanimbar.

Ditambahkan, saat ini sementara disiapkan kantor Dekranasda Maluku Tenggara Barat dan akan dipakai untuk toko Ole-ole khas Kepulauan Tanimbar.

Pihaknya melakukan kerja sama dengan beberapa toko Ole-ole baik di Ambon maupun Jakarta. Kain Tenun Ikat Tanimbar ini bisa di buat dalam bentuk kemeja, tas, sepatu dan juga produk lainnya. Red

Komentar

News Feed