oleh

Kakak Ipar Bupati Cianjur Menyerahkan Diri Ke KPK dan Dilanjutkan Dengan Proses Pemeriksan

Jakarta, Publikasinews.com – Tubagus Cepy  Setiahadi salah seorang tersangka dalam kasus korupsi Dana Ahlokasi Khusus Pendidikan Kabupaten Cianjur pada 2018, akhirnya menyerahkan diri ke KPK.

Kakak ipar dari Bupati Cianjur Ivan Rihivando Mochtar  sebelumnya tidak ada di lokasi saat KPK menggelar Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Cianjur.

“Siang ini, sekitar pukul 14.00 WIB tersangka TCS, kakak ipar bupati telah menyerahkan diri ke KPK dan dilanjutkan dengan proses pemeriksaan terhadap yang bersangkutan,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah kepada Kamis, 13/12/18.

Febri mengatakan, KPK menghargai proses penyerahan diri TCS. Ia pun mengingatkan seluruh tersangka agar bersikap kooperatif saat proses pemeriksaan.

“Kami hargai penyerahan diri tersebut dan kami ingatkan agar seluruh tersangka dan saksi bersikap kooperatif dan terbuka dalam proses pemeriksaan yang dilakukan,” jelasnya.

Dalam perkara ini, KPK menetapkan Irvan sebagai tersangka pemerasan kepada 140 kepala SMP di Cianjur. Pemerasan itu dilakukan terkait penerimaan Dana Alokasi Khusus Pendidikan Kabupaten Cianjur pada 2018.

Selain Irvan, KPK menetapkan Cecep Sobandi selaku Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur, Rosidin selaku Kepala Bidang SMP di Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur, serta kakak ipar Bupati Tubagus sebagai tersangka.

KPK menduga Irvan meminta atau memotong 14,5 persen dari Rp46,8 miliar DAK tersebut.Sementara itu, bagian khusus untuk Irvan adalah 7 persen atau sekira Rp3,2 miliar. Red

Komentar

News Feed