oleh

Kejari Kota Bekasi dalam Hakordia 2019 Bekerja Profesional dengan mengandeng Pelajar dan Mahasiswa

Kota Bekasi, PublikasiNews.Com – Harapan kepada aparat saya, kita kerja secara profesional dan bisa dipertanggung-jawabkan atas pekerjaan (yang dilakukan) itu. Untuk mendorong kinerja dalam rangka pemberantasan tindak pidana korupsi. Juga bahwa peringatan Hari Antikorupsi Sedunia 2019 ini bisa menjadi semangat antikorupsi untuk seluruh komponen bangsa, seperti instansi pemerintah dan masyarakat.

Hal ini ditegaskan oleh Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kota Bekasi, Sukarman, SH, MH, saat menjawab pertanyaan awak media ketika kegiatan Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2019 tingkat Kota Bekasi yang digelar di Kantor Kajari Kota Bekasi, yang berlokasi di
Jalan Jenderal Sudirman, Kranji Bekasi Barat Kota Bekasi Jawa Barat pada, Senin (9/12/2019) pagi.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kota Bekasi, Sukarman, SH, MH, dengan didampingi para kepala seksi-seksinya saat memberikan keterangan kepada para wartawan terkait kegiatan Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2019 tingkat Kota Bekasi yang digelar di Kantor Kejari Kota Bekasi, yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman, Kranji Bekasi Barat Kota Bekasi Jawa Barat pada, Senin (9/12).dok-istimewa

Dalam kesempatan ini, Sukarman juga menjelaskan bahwa kegiatan Hakordia kali ini berkat kedekatan Kejaksaan Negeri Kota Bekasi kepada masyarakat. Serta mengajak segenap pemangku kepentingan membangun kesadaran dan semangat perlawanan terhadap korupsi melalui pendekatan humanis dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk masyarakat.

“Hal ini tentu tidak terlepas dari dorongan dan humanisme Kejari pada masyarakat, juga yang kita lakukan dalam langkah-langkah pemberantasan korupsi,” tuturnya.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kota Bekasi, Sukarman, SH, MH, (kiri) tampak didampingi kepala seksi Intel Kejari, Lukman H. Tuasikal (kanan) usai kegiatan Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2019 tingkat Kota Bekasi yang digelar di Kantor Kejaksaan Negeri Kota Bekasi, yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman, Kranji Bekasi Barat Kota Bekasi Jawa Barat pada, Senin (9/12).dok-istimewa

Namun kemudian, lanjut Sukarman, pihaknya juga lebih mengedepankan pencegahan. “Jadi saya mengharapkan semua elemen masyarakat, khususnya di Kota Bekasi ayo kita berbenah diri, introspeksi dan melakukan evaluasi untuk mendorong upaya pemberantasan korupsi ini menjadi hal yang paling terdepan,” ujar Sukarman.

Adapun tema yang diambil untuk Hari Antikorupsi Sedunia 2019 adalah “Bersama Melawan Korupsi Mewujudkan Indonesia Maju”. Selain itu, banyak rangkaian kegiatan yang dilakukan untuk menyemarakkan Hari Antikorupsi Sedunia 2019.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan Apel Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia 2019 yang dipimpin langsung oleh Kepala Kejaksaan Negeri Kota Bekasi, Sukarman, SH, MH, pembagian stiker bertuliskan pesan Anti Korupsi oleh Kejaksaan Negeri Kota Bekasi kepada masyarakat, diantaranya; “Generasi Milenial Anti Korupsi” dan stiker bertuliskan “Saya, Anda KITA SEMUA Anti Korupsi”, Peringatan Hari Antikorupsi Internasional 2019.

Kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi bagi stakeholder antikorupsi yang melibatkan mahasiswa, dan pelajar bertema Generasi Milenial Generasi Anti Korupsi.

Ketika ditanya terkait pembagian stiker bertuliskan pesan Anti Korupsi, Sukarman menjelaskan bahwa hal ini merupakan program rutin tiap tahun. “Stiker anti Korupsi kita bagikan sekitar 500 lembar kepada masyarakat dan pengguna jalan, paling tidak masyarakat membaca secara otomatis hati kecilnya akan tergerak untuk mendorong mengingatkan diri sendiri, jangan melakukan suatu tindakan korupsi,” tegas Sukarman.

Sukarman juga sempat meminta ma’af karena penyelenggaraan Hari Antikorupsi Sedunia 2019 lebih sederhana. Namun, hal tersebut, kata dia, tidak mengurangi semangat Kejaksaan Negeri Kota Bekasi untuk selalu menggelorakan semangat antikorupsi.

Sukarman juga menyatakan bahwa peringatan Hakordia 2019 sekaligus menjadi pesan bagi seluruh aparatur kejaksaan untuk menjaga integritas, bersikap profesional dan menciptakan pelayanan yang bersih.

Dengan peringatakan Hari Antikorupsl Sedunia 2019, Sukarman mengharapkan ada kontribusi yang siginifakan dari semua lnstitusl pemerintahan dan semua kalangan untuk lebih kuat dalam berupaya melakukan pemberantasan korupsi.

Adapun sejumlah prestasi yang telah dicapai oleh Kejaksaan Negeri Kota Bekasi tahun 2019, antara lain; Bidang Tindak Pidana Khusus yakni,
-Penyelamatan Kerugian Keuangan Negara sebesar Rp 868.802.500.
-Bidang Intelijen yakni TP4D sebanyak 45 kegiatan dengan 7 instansi yang memohon pengawalan dan pengamanan,
-Program pencegahan anti korupsi yaitu Jaksa Masuk Sekolah dan Jaksa Sahabat Guru.

Sementara untuk, Bidang Pidana Umum yakni,
-Penerimaan negara bukan pajak sebesar Rp 200.000.000, per bulan. Serta Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara yakni Pemulihan kekayaan negara sebesar Rp 4.580.172.320 untuk tahun 2019.[]Jark

Komentar

News Feed