oleh

Kemunculan Awan Mirip Letusan Gunung Anak Karakatau Menghebokan Masyarakat Banten

Banten, Publikasinews.com – Kemunculan awan mirip letusan asap Gunung Anak Krakatau (GAK), menghebohkan masyarakat Banten. Penampakan awan tersebut terlihat jelas di kawasan Cilegon, Serang, bahkan di Labuan, Kabupaten Pandeglan.

Sejumlah masyarakat, melihat awan itu antara pukul 17.50 WIB sampai pukul 18.15 WIB pada Jumat 4 Januari 2019 kemari. Bahkan ada yang menganggap awam berwarna abu-abu gelap itu merupakan kepulan asap letusan Anak Krakatau.

“Dari Merak (Kota Cilegon) juga jelas kelihatan,” kaya Sigit, salah satu warga Kota Serang yang bekerja di Kota Cilegon, melalui pesan singkatnya. Wiwid, salah satu relawan  mengaku melihat awan itu dari daerah Labuan, Kabupaten Pandgelang, Banten.

“Itu awan keliatan dari Labuan. Cilegon, Serang juga katanya keliatan,” ujar Wiwid, melalui pesan singkatnya. Berdasarkan laporan dari situs magma.vsi.esdm.go.id, tercatat asap kawah bertekanan sedang hingga kuat teramati berwarna putih dan kelabu dengan intensitas tebal dan tinggi 300-2000 meter di atas puncak kawah. Terdengar suara dentuman di pos. Pemantauan Gunung Anak Krakatau. Hasil pemantauan, sejak pukul 12.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB itu mencatat jumlah letusan sebanyak 37 kali dengan amplitudo 15-35 mm, durasi 29-187 detik. Red

Komentar

News Feed