oleh

Kongres AS Menunda Kesepakatan Pengeluaran Angaran dipicu Pendanan Dinding Perbatasan AS-Meksiko

Washington, Publikasinews.com – Gara-gara Kongres Amerika Serikat (AS) menunda kesepakatan pengeluaran anggaran, pemerintah yang dipimpin Presiden Donald Trump dipastikan mengalami shutdown atau penutupan, Sabtu (22/12/2018). Sejumlah layanan agen utama pemerintah dinyatakan terhenti.

Kongres pada hari Jumat menunda kesepakatan pengeluaran anggaran. Keputusan itu dipicu perselisihan pemerintah Presiden Trump dan para anggota parlemen soal pendanaan dinding perbatasan AS-Meksiko.  

Meski sejumlah layanan agen utama AS dipastikan terhenti mulai hari Sabtu waktu setempat, pembicaraan di Capitol Hill antara pejabat Gedung Putih dan para pemimpin Kongres tetap berlangsung.

Pemerintah Trump menginginkan anggaran USD5 miliar untuk pembangunan tembok di perbatasan AS-Meksiko. Namun, para anggota parlemen dari kubu Demokrat menentangnya.

Trump pada hari Jumat mengatakan ada kemungkinan besar Senat tidak akan menyetujui permintaan anggaran sebesar USD5 miliar untuk mendanai proyek dinding perbatasan. Menurutnya, penutupan pemerintah kemungkinan dimulai Jumat tengah malam waktu setempat.

Sebelum bertemu dengan Senat dari Partai Republik di Gedung Putih, Trump telah menulis pesan di Twitter yang berbunyi; “Demokrat sekarang memiliki penutupan”.

Padahal, Trump minggu lalu mengatakan bahwa dia akan bangga untuk menutup pemerintah atas masalah keamanan perbatasan. “Saya Akan menjadi orang yang mematikannya,” katanya.

“Jika Demokrat memilih tidak, akan ada penutupan yang akan berlangsung untuk waktu yang sangat lama, Pemimpin Senat dari kubu Demokrat, Chuck Schumer, menolak disalahkan. “Presiden Trump, Anda yang memiliki penutupan,” katanya di lantai Senat, seperti dikutip Reuters. “Anda mengatakannya dengan kata-kata Anda sendiri.”

Senator Republik, Bob Corker dan Richard Shelby, mengatakan negosiasi sedang dilakukan untuk melihat apakah RUU pendanaan dapat dikompromikan atau tidak.

Trump telah memanggil para Senator Partai Republik ke Gedung Putih pada hari Jumat pagi untuk mendukun pendanaan dinding perbatasan sebelum mereka mengambil suara prosedural tentang apakah akan mempertimbangkan RUU yang disahkan oleh parlemen atau tidak. Red

Komentar

News Feed