oleh

KPK  Melakukan Operasi Tangakap Tangan Terhadap  Bupati Cirebon Sunjaya 

Jakarta, Publikasinews.com- Operasi tangkap tangan atau OTT Bupati Cirebon Sunjaya Purwadi Sastra menyisakan Sekretaris Daerah sebagai pemimpin tertinggi di pemerintahan Kabupaten Cirebon.

Sebab, Wakil Bupati Cirebon Tasiya Soemadi sudah lebih dulu masuk penjara karena kasus korupsi. Tasiya ditangkap pada April 2018 lalu dalam kasus korupsi dana bantuan sosial tahun 2009-2012.

Sebetulnya sudah ada pengganti Tasiya. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan menunjuk Selly A. Gantina sebagai pendamping Sunjaya. 

Namun pada September 2018 lalu Selly juga mengundurkan diri karena mencalonkan diri sebagai calon legislatif dan telah terdaftar di daftar calon tetap untuk daerah pemilihan Jawa Barat 8.

Adapun Sunjaya, yang terpilih kembali sebagai Bupati untuk periode lima tahun, belum dilantik.

Jadi saat ini tinggal Sekda Rachmat Sutrisno yang memimpin roda pemerintahan di Kabupaten Cirebon. Kondisi tersebut, menurut Kepala Bagian Humas Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Cirebon Iwan Hardiawan, tidak akan mempengaruhi roda pemerintahan. “Pelayanan masyarakat tetap berlangsung normal, seperti biasa,” ujarnya.

Sekda, Iwan melanjutkan, sudah memerintahkan aparatur sipil negara di lingkungan Pemkab Cirebon tidak berlebihan menanggapi kabar penangkapan Bupati Cirebon oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). “Kita masih menunggu informasi dari sumber resmi,” ucapnya. Sebab, hingga kini, Pemkab Cirebon juga belum mendapat kabar dari sumber resmi.

Setelah mendapat kabar resmi, kata Iwan, pihaknya baru akan berkonsultasi, baik dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat maupun Kementerian Dalam Negeri. Karena belum ada kabar resmi itu, Sunjaya Purwadi Sastra saat ini masih sebagai Bupati Cirebon aktif. Untuk pemerintahan saat ini, Iwan menambahkan, masih dikoordinasikan Sekda. Namun Sekda Cirebon Rachmat Sutrisno hingga kini belum mau berkomentar sekalipun masih berada di kantornya.

Sebelumya KPK  melakukan OTT terhadap Bupati Cirebon Sunjaya Purwadi Sastra. “Benar, hari ini ada giat di Cirebon. Ada unsur kepala daerah yang ikut diamankan,” kata Ketua KPK Agus Rahardjo melalui keterangan tertulis, Rabu, 24 Oktober 2018.

Hingga kini, Bupati Cirebon masih menjalani pemeriksaan di KPK. Red

Komentar

News Feed