oleh

Mantan Jaksa Agung Chuck Suryosumpeno Ditetapkan Tersangka oleh Kejaksaan Agung

Jakarta, Publikasinews.com – Mantan jaksa senior Chuck Suryosumpeno. Dijerat dengan kasus penggelapan barang sitaan  Nama Chuck kerap menjadi garda terdepan dalam mengawal eksekusi perkara-perkara yang mengkrak di Kejaksaan Agung (Kejagung). Banyak kasus korupsi yang tidak jelas akhir barang-barang sitaannya.

Chuck lalu didapuk menjadi Ketua Satgassus Kejagung. Setelah itu. Chuck menjabat Ketua Pusat Pemulihan Aset (PPA) Kejaksaan Agung periode 2014-2015. Dengan posisinya itu, ia memimpin eksekusi kasus yang mangkrak.

Langkah Chuck mulai dipersoalkan saat ia menyelesaikan kasus aset Hendra Rahardja pada 2012. Di era Jaksa Agung Basrief Arief, Chuck dinyatakan melaksanakan proses penyelesaian kasus Hendra sudah sesuai dengan prosedur.

Namun, kala Prasetyo menjadi Jaksa Agung, Chuck mulai diungkit. Puncaknya, Chuck diberhentikan sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Maluku dengan alasan proses penjualan aset Hendra tidak sesuai dengan prosedur.

Chuck menggugat ke PTUN Jakarta dan menang di tingkat peninjauan kembali (PK). MA menyatakan apa yang dilakukan Chuck sesuai dengan prosedur sehingga pemecatan itu tidak sah. Tidak lama setelah keluar informasi putusan MA itu, status Chuck menjadi tersangka.

Penetapan tersangka Chuck disesalkan Sandra dan menilai kliennya mengalami proses kriminalisasi. Apalagi Chuck sudah berkontribusi banyak buat negara, terutama saat menjadi Ketua PPA.

“Apalagi korban kriminalisasi ini telah berkontribusi mengembalikan kerugian negara sampai Rp 3,5 triliun,” kata dia lagi.

Sementara itu, Jaksa Agung Prasetyo menyatakan kasus Chuck sudah lama ditangani pihaknya. Sesuai laporan Jampidsus dan penyidik pidsus Kejaksaan Agung RI kasus dugaan korupsi yang dilakukan (secara bersama-sama) oleh mantan jaksa, Saudara CS sudah cukup lama ditangani, tetapi tersendat penyelesaiannya lebih dikarenakan Saudara CS selalu mangkir dengan berbagai alasan setiap kali diundang untuk dimintai keterangan. Red

Komentar

News Feed