oleh

Neraca Perdagangan Perikanan RI Nomor Satu Terbaik di Asia Pasifik

Jakarta, Publikasinews.com – Mentri  Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, mengungkapkan neraca perdagangan perikanan RI kini tercatat nomor satu di Asia Pasifik. Transformasi ini dicapai dalam kurun waktu 4 tahun sejak 2015.

“Di Our Ocean Conference  2018 akhir Oktober di Bali ini, kita ingin berbagi bahwa Indonesia mengubah perekonomian kelautan itu ternyata bisa dilakukan. Kita balikan yang tadinya defisit neraca perdagangan perikanan itu dalam waktu 4 tahun ini,” tuturnya di Gedung KKP, Jakarta, Rabu (17/10).

Kebijakan  blue economy yang tepat, terbukti dapat mendorong industri perikanan Indonesia menjadi lebih baik. Oleh sebab itu, perlu kerangka yang jelas terkait kebijakan perikanan itu bagi pemerintah.

“Saat ini neraca  perdagangan perikanan ini terbaik hanya di kepemimpinan Jokowi. Mulai 2015 itu kita kerja keras. Sebelumnya, masih defisit,” ujar Menteri Susi.

Menteri Susi menambahkan, sumber daya laut perlu menjadi perhatian khusus bagi pemerintah dan dunia. Terutama bagaimana upaya RI menjaga aset pulau-pulau kecil di masa depan.

“Climate change ini kalau permukaan air laut naik, pulau-pulau kecil kita akan hilang. Jadi OCC 2018 ini sangat besar sekali dampaknya bagi RI. Baik secara environmentally maupun blue economy akan sustainable/terjaga. Karena ini menyangkut perubahan dunia,” tandas dia.

Our Ocean Conference 2018 pada akhir Oktober ini akan dikunjungi 6 kepala negara dunia, 32 menteri. Red

Komentar

News Feed