oleh

Pemain Bola Muda Pontensial Yang Layak Bermain Diluar Indonesia

Jakarta, Publikasinews.com – Indonesia memiliki segudang Pemain Mudah Berbakat Sayang apabila talenta tersebut tidak diasah dengan pengalaman berkompetisi di luar negeri. Sejumlah bintang sepak bola muda Indonesia tengah berjuang di luar Indonesia. Ada yang hijrah ke negeri tetangga, ada pula yang melanglang buana sampai ke Eropa.

Namun demikian, masih banyak pemain muda potensial yang layak bermain di luar Indonesia. Kemampuannya akan lebih terasah jika diberi jam terbang baru di level kompetisi yang berbeda dari Indonesia. Selain mendapatkan pengalaman bertanding di negeri orang, mereka juga dapat merasakan atmosfer liga, pola latihan dan permainan, serta insfrastruktur yang tidak bisa diperoleh di Indonesia.

Tidak melulu ke Eropa, Asia Tenggara atau kawasan Asia lainnya juga cukup kompetitif untuk level pemain muda Indonesia saat ini. Dengan demikian, masa muda mereka dapat berkembang dengan pengalaman bertanding di level internasional. memilih 3 pesepak bola muda Indonesia yang layak merumput di luar negeri.

Saddil Ramdani, Gelandang Persela Lamongan ini masih berusia 19 tahun. Namun demikian, ia telah menjadi tulang punggung di 2 level Timnas, yaitu U-19 dan U-23.

Saddil Ramdani merupakan pemain langganan tim nasional sejak usia di bawah 17 tahun. Bukan tidak mungkin, ia bakal terus di bawah Luis Milla sampai ke Piala AFF 2018 nanti.

Hansamu Yama Pranata, Kapten Timnas U-23 ini layak mendapatkan pengalaman lebih banyak di luar Indonesia. Ia patut mengukur kemampuannya jika tidak berada di negeri sendiri.

Hansamu Yama mungkin telah mengunci posisi inti sebagai bek tengah Garuda Muda dan Barito Putera. Akan tetapi, ia belum tentu memiliki kesempatan yang sama jika bermain di klub luar negeri.

Ia membutuhkan lebih dari sekedar pengalaman. Bek tengah Barito Putra itu perlu belajar kedewasaan dan tanggung jawab yang barangkali belum didapatkan di liga Indonesia. Hansamu dapat mengikuti jejak seniornya, Ahmad Jufriyanto, yang membela Kuala Lumpur FA di Liga Super Malaysia atau menyusul dua rekannya merangkak dari divisi kedua liga Thailand.

Irfan Jaya, telah membungkam kritik yang menganggapnya kurang layak bermain di Timnas U-23 di Asian Games 2018 lalu. Nyatanya, ia mampu mengemas 2 gol pada ajang tersebut. Nama pemain mungil asal Persebaya Surabaya ini baru melejit beberapa tahun terakhir. Usai membawa Bajul Ijo promosi ke Liga 1 Indonesia musim ini, ia terus menjadi andalan klubnya di sayap kanan.

Meskipun terkadang tampil kurang konsisten, Luis Milla tertarik untuk memasukkannya ke skuat Garuda Muda. Irfan Jaya sukses menggeser Osvaldo Haay yang telah lebih dahulu tampil bersama Timnas U-22 di SEA Games 2017.

Ketimbang memilih Persib Bandung, Persija Jakarta, atau Bali United, Irfan Jaya patut mencoba kompetisi di Liga luar negeri. Irfan Jaya setidaknya telah memiliki jalur nasab dari Andik Vermansyah dan Evan Dimas Darmono sebagai eks penggawal Persebaya yang pernah merumput di Negeri Jiran. (Red)

Komentar

News Feed