oleh

Pemprov DKI Merevitalisasi Taman Ismail Marzzuki Menjadi Pusat Dokumentasi Sastra

Jakarta, Publikasinews.com – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana merevitalisasi kawasan Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat, mulai 2019. Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Asiantoro mengatakan, bioskop XXI di kawasan tersebut akan ditiadakan.

“Dahulu  kan tidak ada bioskop juga, jadi kita  ingin dikembalikan fungsinya, untuk pusat kesenian,”  tegasnya di kawasan TIM, Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat, Sabtu (10/11/2018) 

Lahan yang semula digunakan untuk bioskop itu akan dialihkan untuk gedung panjang. Gedung itu akan menjadi pusat aktivitas seni dan budaya.

“Itu nanti (jadi pusat dokumentasi sastra) HB Jassin, ada tempat studio-studio untuk latihan, di bawahnya ada basement,” kata dia.

Asiantoro mengaku belum mengetahui perjanjian sewa-menyewa gedung di TIM itu dengan pengelola bioskop XXI. Dia akan mempelajari dokumen itu terlebih dahulu.

Namun, Asiantoro menyebut “hilangnya” bioskop XXI di kawasan TIM seharusnya tidak menjadi masalah Sebab pengelola bioskop XXI)  (TIM) kan punya kita, kenapa jadi masalah, enggak ada masalah kan. Tuturnya 

Revitalisasi TIM rencananya akan dikerjakan oleh BUMD DKI Jakarta, PT Jakarta Propertindo. Revitalisasi membutuhkan waktu dua tahun dengan anggaran sekitar Rp 1,8 triliun.

PT Jakarta Propertindo mengajukan penyertaan modal daerah (PMD) dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) DKI Jakarta. Pada 2019, PMD yang diajukan sekitar Rp 500 miliar. Sementara sisanya, Rp 1,3 triliun, akan diajukan dalam APBD 2020.

Komentar

News Feed