oleh

Penampakan Empat Matahari Di Kepulaun Riau Viral di Media Sosial Apa Penjebabya

Jakarta, Publikasinews.com  Media sosial dihebohkan dengan video penampakan empat matahari yang viral di kepulauan Riau  belakangan ini. Penampakan yang terjadi di Kepulauan Riau itu juga sudah ramai diposting di YouTube. Masyarakat bertanya-tanya kenapa fenomena ini muncul. Dan, memunculkan anggapan kejadian itu merupakan suatu petanda.

Selain matahari utama, ada ‘anak matahari’ yang tampak sebagai bulatan cahaya kecil di sekitar matahari yang terangkai oleh cincin cahaya. Fenomena penampakan matahari ganda dikenal dengan istilah sun dogs. Ada juga yang menamakan penampakan unik ini sebagai parhelion.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin menjelaskan, fenomena empat matahari ini sama seperti fenomena cincin matahari atau halo matahari yang sering terlihat di Indonesia.

Thomas mengatakan, nama fenomena ini disebut sun dogs sebab seolah sebagai ‘anjing penjaga matahari’.

“Sun dogs hanya terjadi di dekat ufuk atau kaki langit, berbeda dengan halo yang bisa terjadi di langit tinggi,” jelas Thomas dikutip dalam penjelasannya, Kamis 11 Oktober 2018.

Penyebab fenomena empat matahari ini, kata dia, adalah kristal-kristal es yang sangat halus di awan tinggi (awan cirrus) atau di udara sekitar. Artinya, harus ada kondisi sangat dingin di awan tinggi atau sekitar wilayah tersebut.

“Oleh karena itu, fenomena seperti ini tidak selalu terjadi tapi cukup sering,” tuturnya.

Profesor antariksa LAPAN itu mengatakan, secara umum kristal es halus menyebabkan cahaya matahari dibiaskan membentuk cincin pelangi di sekitar matahari yang namanya ‘halo’. Saat matahari mendekati ufuk, selain terbentuk efek ‘halo’, ada efek pembiasan lain oleh kristal es yang menyebabkan munculnya cahaya lebih kuat dari sisi kanan dan sisi kiri halo.

Sun dogs biasanya memunculkan dua pengiring matahari. Mengapa ada empat matahari? Menurut Thomas, dua pengiring matahari disebabkan kristal es di awan tinggi, sedangkan dua lainnya di sebabkan kristal es di udara sekitar.

Fenomena sun dogs sudah terjadi di beberapa negara lain. Pernah terjadi di Kazakhstan (empat matahari) dan Mongolia sampai Rusia tiga matahari Red)

Komentar

News Feed