oleh

Perdana Menteri Australia Scott Morrison Melakukan Kunjungan Kenegaran

Bogor, Publikasinews.com – Indonesia merupakan negara pertama yang dikunjunginya. Morrison diterima Presiden RI Joko Widodo di Istana Bogor, Kompleks Istana Kepresidenan, Jawa Barat. Pantauan di lokasi, Morrison tiba sekitar pukul 14.42 WIB diiringi pasukan kehormatan yang mengenakan baju adat Nusantara.

Priseden yang sudah menanti di pilar Istana Bogor langsung menyambut Morrison. Begitu pula dengan anak-anak sekolah dasar berpakaian adat Nusantara sambil membawa bendera Merah Putih dan Australia.

Ini adalah pertemuan pertama Jokowi dan Morrison. Usai bersalaman, Jokowi langsung mengajak Morrison ke podium kehormatan untuk mengikuti upacara kenegaraan.

Kedua Lagu kebangsaan Advance Australia Fair dan Indonesia Raya pun berkumandang bersama iringan musik dari Paspampres. Sebanyak 21 dentuman meriam turut mengiringi lagu kebangsaan kedua negara. Usai mendengar lagu kebangsaan, Morrison dan Jokowi memeriksa barisan kehormatan. Terlihat anak-anak sekolah dasar yang berbaris di lapangan turut disalami oleh Morrison dan Prisiden Jokowi.

Jokowi lalu memperkenalkan Morrison kepada para menteri yang mendampinginya hari ini, yaitu Menko Polhukam Wiranto, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Negara Pramono Anung, dan Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi. Merupakan sebuah kehormatan, kunjungan Mr. Scott ke Indonesia, Yang merupakan kunjungan pertama segera setelah dilantik menjadi PM australia. Tentu saja ini menunjukkan komitmen yang kuat untuk meningkatkan hubungan kerja sama Indonesia dan Australia,” kata Presiden.

Di kesempatan tersebut turut hadir Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Kepala Bekraf Triawan Munaf, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala BKPM Thomas Trikasih Lembong dan Dubes RI untuk Australia Kristiarto S Legowo. Sementara Morrison turut memperkenalkan Menteri Perdagangan, Pariwisata dan Investasi, Simon Birmingham, yang ikut dalam rombongannya.

“Sekali lagi saya ingin mengucapkan selamat kepada Yang Mulia karena terpilih sebagai Ketua Partai Liberal dan PM Australia ke-30. Sekali lagi, Australia adalah mitra strategis Indonesia. Saya yakin kunjungan ini sangat bermanfaat bagi peningkatan hubungan Indonesia dan Australia,” sambung Jokowi.

Usai memperkenalkan para menteri, Jokowi mengajak Morrison ke dalam Istana Bogor untuk mengisi buku tamu dan berbincang di Veranda Istana Bogor. (Red)

Komentar

News Feed