oleh

Peryataan Prabowo Menuduh ‘Jurnalis Antek Merusak NKRI Berujung Demo Di Depan Gedung Dewan Pers

Jakarta, Publikasinews.com – Sekelompok orang yang menamakan dirinya Aliansi Jurnalis NKRI menggelar aksi di depan gedung dewan Pers di Jakarta Pusat, Jumat (7/12/2018).

Mereka mendesak Prabowo untuk segera minta maaf atas penyataannya yang di nilai menghina jurnalis. Selain itu sebagai bentuk kekecewaan, masa juga membakar foto Prabowo yang di anggap merendahkan profesi wartawan.

Rivai Lamahoda Koordinator aksi Aliansi Jurnalis NKRI dalam keterangannya mengatakan, mengkritik profesi jurnalis (wartawan) tidaklah haram, itu boleh saja dan sah dalam era demokrasi.

Namun sebagai negara demokrasi yang berdasarkan hukum maka setiap kritik dan koreksi punya mekanisme dan jalur yang harus di tempuh.

‘Sebagai politisi dengan jam terbang tinggi (sejak orba) seperti Prabowo Subianto tentu tahu persis soal ini. Profesi Jurnalis dilindungi oleh UU tentang Pers. Dalam UU ini diatur koreksi terhadap pemberitaan adalah dengan mekanisme ‘hak jawab’ yang di fasilitasi dewan pers dan apabila tidak menemui kata sepakat maka boleh mengajukan gugatan pidana pengadilan jika merasa di rugikan,” ujarnya.

Menurutnya, pernyataan Prabowo Rabu (05/12/2018) yang menuduh ‘Jurnalis sebagai antek orang yang mau menghancurkan NKRI’ dan pernyataan untuk tidak lagi menghormati jurnalis adalah pernyataan yang sangat tendensius, menebar ujaran kebencian, mengadu domba dan menghina profesi jurnalis.

“Prabowo harus diingatkan bahwa pers adalah pilar demokrasi keempat setelah eksekutif, legislatif dan yudikatif dalam kehidupan bernegara sehingga pernyataan Prabowo sangat menyinggung perasaan jurnalis bahkan melecehkan profesi jurnalis,” sambungnya.

Untuk itu kata dia, Aliansi Jurnalis NKRI mendesak Prabowo segera mencabut pernyataan yang menghina, merendahkan profesi jurnalis.

“Jika tidak, maka kami mengajak dan menyerukan kepada seluruh jurnalis se-Indonesia untuk memboikot seluruh pemberitaan tentang Prabowo Subianto,”tegasnya Red 

Komentar

News Feed