oleh

PoldaJawa Barat Menetapakan Sembilan Tersangka Korupsi Dana Hiba sebesar Rp 3,9 miliar

Bandung, Publikasinews.com – Polda Jawa Barat menetapkan sembilan orang tersangka atas tindak pidana korupsi dana hibah organisasi kemasyarakatan di Kabupaten Tasikmalaya tahun anggaran 2017. Enam di antaranya adalah aparatur sipil negara, termasuk Sekretaris Daerah Kabupaten Tasikmalaya berinisial AK. Jumlah kerugian negara atas kasus tersebut mencapai Rp 3,9 miliar.

“Jumlah tersangka ASN 6 orang dengan hirarki kepangkatan berbeda stratanya, yang tertinggi adalah AK sebagai Sekda Kabupaten Tasikmalaya. Kemudian kami juga menangkap tiga orang lain, wiraswasta,” ujar Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto didampingi Dirkrimsus Polda Jawa Barat Kombes Pol Samudi, di Mapolda Jawa Barat, Jumat, 16 November 2018.

Kesembilan tersangka yang dimaksud adalah AK (Sekda Kabupaten Tasikmalaya), MJ (Kabag Kesra Setda Kabupaten Tasikmalaya), AR (Sekretaris DPKAD Kabupaten Tasikmalaya), E (staf Irban Inspektorat Kabupaten Tasikmalaya), ARM (staf Bag Kesra Setda Kabupaten Tasikmalaya), EA (staf Bag Kesra Setda Kabupaten Tasikmalaya), LSM (wiraswasta), M (wiraswasta), serta S alias IW (petani).

Untuk kasus ini Ditrkimsus Polda Jawa Barat sudah memeriksa 39 orang saksi. Sejumlah barang bukti diamankan di antaranya dua unit motor, dua unit mobil, 128 dokumen, sebidang tanah di Kecamatan Singaparna seluas 82 meter persegi, serta uang tunai.

Penyelewengan dan penyalahgunaan dana hibah Kabupaten Tasikmalaya tersebut berawal dari adanya perintah dari tersangka AK, MJ, E, kepada tersangka ARM dan tersangka EA untuk mencarikan dana dari yayasan penerima dana hibah.

Kemudian tersangka ARM dan tersangka EA menyuruh kepada tersangka LSM untuk mencarikan yayasan penerima dana hibah. Selanjutnya tersangka LSM menyuruh kepada tersangka M untuk mencarikan yayasan penerima dana hibah. 

Setelah itu tersangka M menyuruh kepada tersangka S untuk mencari yayasan dan membuatkan proposal pengajuan serta memotong dana hibah yang cair.

Berdasarkan perhitungan Kerugian Negara dari Inspektorat Kabupaten Tasikmalaya nomor 700/1129/Inspektorat, tanggal 28 September 2018 dengan hasil bahwa dalam program belanja dana hibah organisasi kemasyarakatan Kabupaten Tasikmalaya untuk 21 yayasan dan lembaga keagamaan yang bersumber dari dana APBD tahun anggaran 2017 terdapat kerugian negara sebesar Rp. 3.900.000.000.

Atas kasus ini, dia menambahkan, seluruh pemeriksaan sudah dilakukan. Koordinasi dengan kejaksaan pun dilakukan dengan berkas yang dinyatakan lengkap. “Kasus ini sudah kita koordinasikan dengan kejaksaan dan sudah dinyatakan p21 (lengkap). Selesai ini kita akan serahkan ke kejaksaan,” kata Agung. Red

Komentar

News Feed