oleh

Presiden Jokowi Resmikan Tol Ciawi-Sukabumi

Bogor, Publikasinews.com – Presiden Joko Widodo meresmikan jalan tol Ciawi-Sukabumi Seksi I (Ciawi-Cigombong) pada, Sabtu, 1 Desember 2018. Peresmian tersebut menandakan beroperasinya jalan tol ruas Ciawi-Cigombong sepanjang 15,35 kilometer ini.

Dalam sambutannya, Presiden mengatakan bahwa pembangunan jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) sudah ditetapkan pada tahun 1997 silam. Selama itu investor pembangunan juga telah beberapa kali berganti.

“Artinya ini sudah 21 tahun. Kemudian di 2015 kita negosiasi untuk diambil alih. Mengambil alih pun dengan negosiasi yang alot, setahun lebih. Baru awal 2016 betul-betul di lapangan konstruksi pembebasan lahan bisa dimulai,” ujarnya.

Pembangunan jalan tol ini nantinya diharapkan dapat mengurai kemacetan yang biasa terjadi di sepanjang perjalanan Bogor hingga Sukabumi. 

“Tadi ada yang membisiki ke saya, dari Bogor ke Sukabumi normal saja itu bisa 5 jam, tapi sering tidak normal menjadi 7 jam. Ini enggak bisa diterus-teruskan. Mobilitas orang dan barang serta mahalnya transportasi harus betul-betul bisa kita selesaikan,” kata Presiden.

Adapun pembangunan jalan tol Bocimi dengan panjang keseluruhan mencapai 54 kilometer, kata Presiden selepas peresmian, diharapkan untuk dapat selesai pada akhir tahun 2020 mendatang. Ke depannya, jalan tol tersebut akan diupayakan terhubung dengan jalan tol lainnya.

“Begitu ini selesai nanti di 2020 terus (dilanjutkan) ke Cianjur, terus ke Bandung. Langsung nanti ke timur lagi ke Cilacap, nanti ke timur lagi ke Yogya. Artinya yang selatan juga kita kerjakan,” imbuhnya.

Menurutnya, Sukabumi sebagai wilayah yang dilalui tol tersebut memiliki potensi besar untuk dapat dikembangkan. Syaratnya, fasilitas transportasi dan logistik dari dan menuju ke wilayah itu dapat terpenuhi dengan baik.

“Sukabumi itu punya semua, punya potensi semuanya. Ada _geopark_, pantai, dan gunung. Ini kekeliruannya Bocimi enggak rampung-rampung. Kekeliruannya hanya itu saja. Ini yang kita selesaikan,” ujarnya.

Presiden juga memastikan bahwa pembangunan jalur kereta api rel ganda dari Bogor menuju Sukabumi juga terus berjalan. Pembangunan jalur tersebut ditargetkan selesai bersamaan dengan jalan tol Bocimi pada 2020 mendatang.

“Bandara tahun depan dimulai juga. Bandara Sukabumi tahun depan sudah dimulai,” ia menambahkan.

Tampak hadir mendampingi Presiden di antaranya ialah Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Koordinator Staf Khusus Presiden Teten Masduki, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, dan Bupati Bogor Nurhayanti.

Bogor, 1 Desember 2018 Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden

Komentar

News Feed