oleh

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) Kesal Kerap Dituding Antek Asing

Jakarta, Publikasinews.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kesal kerap dituding antek asing. Ia pun menjawab serangan soal asing tersebut melalui prestasi salah satunya dalam akuisisi saham PT Freeport Indonesia. 

“3,5 tahun negosiasi dipikir nggak ada tekanan? Tekanan politik dipikir 3,5 tahun memperebutkan ini mudah? Nggak ada diteken dari atas bawah kanan kiri? Kalau nggak ada tekanan, dari dulu sudah kita dapatkan,” ujar Jokowi saat deklarasi Relawan Pengusaha Muda Nasional di Hotel Fairmont, Jakarta

“Alotnya negosiasi, tapi saya sampaikan ke menteri saya maunya mayoritas terserah berapa tapi mayoritas,” papar Presiden.

Jokowi juga menepis tuduhan tersebut dengan pengambilalihan Blok Rokan dan Blok Mahakam. Kedua blok kilang minyak itu kini dimiliki BUMN, yakni PT Pertamina (Persero).  Tadi sudah disampaikan dari Riau bagaimana antek asing? Blok Rokan sudah dipegang Pertamina 100 persen, Blok Mahakam 100 persen dipegang Jepang dan Prancis, sudah 3 tahun lalu kita serahkan ke Pertamina, 100 persen,” tegasnya.

Untuk membuktikan bahwa dirinya bukan antek aseng, Jokowi pun kembali menyebut beberapa aset tambang yang kini sudah kembali ke tangan Indonesia setelah puluhan tahun dikuasai oleh asing. Seperti blok Mahakam, blok Rokan, dan Freeport yang peralihannya terjadi pada tahun ini. . 

Untuk Freeport, ia melanjutkan, kini tinggal selangkah lagi karena dokumen-dokumen yang dibutuhkan telah diteken oleh kedua belah pihak September lalu. Baik itu presale agreement, sales and purchases agreement dan lainnya. “Sehingga kita bisa dapat 51%. Ini tidak mudah dapatkannya, baik tekanan politik, tekanan kanan kiri.”

Ia juga menyinggung soal isu Indonesia yang diserbut TKA China. “Katanya ada 10 juta tenaga kerja dari Tiongkok yang banjiri Indonesia. Mana? Isu-isu seperti ini banyak dipercaya kalau tidak saya terangkan berulang-ulang dipikir sebuah kebenaran.”

Padahal, kata dia, tenaga kerja asing yang ada di Indonesia paling banyak 80 ribu orang semuanya, tak sampai satu persen. Pekerja dari Tiongkok hanya 24 ribu, tenaga kerja Indonesia yang di Tiongkok malah 80 ribu lebih. “Di sana malah antek Indonesiak kalau ngomongnya antek-antekan. Jangan seperti itu, negara lain juga terima tenaga kerja asing untuk perbaiki SDM di negaranya.”  Red

Komentar

News Feed