oleh

Prof. Bachtiar Aly Sosialisasikan Empat Pilar MPR Dihadapan Civitas Academica UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

-Nasional-2.185 views

Jakarta, publikasinews.com -Anggota Dewan Perwakkilan Rakyat (DPR) RI dari Partai Nasdem asal Aceh Prof. Dr. Amb. Bachtiar Aly MA, Selasa (2/10) menggelar sosialisasi empat pilar MPR RI di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta,Acara yang berlangsung di Gedung Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis itu diikuti oleh segenap dosen dan mahasiswa.

Bachtiar Aly mengatakan,tujuan pelaksanaan sosialisasi ini adalah untuk menggali nilai-nilai yang terkandung dalam empat pilar kehidupan bermasyarakat,berbangsa dan bernegara agar dapat dipahami secara utuh, menyeluruh dan berkelanjutan.“Kegiatan ini nantinya diharapkan bisa menjadi dasar dalam mewujudkan visi dan misi Indonesia ke depan lebih maju dan bermartabat,” ungkap anggota Komisi I DPR RI dari Partai NasDem tersebut.

Prof. Bachtiar menyebutkan empat pilar MPR RI yang disosialisasikan tersebut yakni Pancasila sebagai ideologi dan dasar Negara Indonesia, UUD 1945 sebagai landasan hukum dan konstitusi, Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). “Bentuk negara jika di ibaratkan seperti halnya sebuah bangunan dimana untuk membuat bangunan tersebut menjadi kokoh dan kuat, dibutuhkan pilar-pilar atau penyangga agar bangunan tersebut dapat berdiri dengan kokoh dan kuat,” ujarnya.
Wakil Ketua Badan Sosialisasi MPR RI ini berharap banyak soal kemajuan bangsa kepada generasi muda. Sebab, generasi muda saat ini terutama mahasiswa sangat merespon dan mengapresiasi upaya-upaya pemahaman Sosialisasi Empat Pilar MPR RI (Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

MPR di amanahkan UU untuk melakukan kegiatan pemahaman nilai-nilai luhur bangsa kepada masyarakat melalui Sosialisasi Empat Pilar MPR RI. Memberikan pemahaman kepada mahasiswa sangat efektif, sebab jika memahami betul nilai-nilai luhur bangsa maka mereka akan bijak apabila kelak mereka menjadi pejabat publik.”Sampai sekarang berjalannya Sosialisasi Empat Pilar MPR, generasi muda bangsa terutama mahasiswa menunjukkan apresiasinya dengan banyak hadir dalam gelaran sosialisasi di seluruh wilayah Indonesia.

Generasi muda yang antusias dan memahami betul Pancasila, saya yakin dan optimis soal kemajuan bangsa,” ujar Bachtiar Aly, Selasa (2/10/2018).Hal itu dia katakan saat memberikan materi Sosialisasi Empat Pilar MPR RI atas kerja sama Setjen MPR dengan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta,Menurut Prof. Bachtiar perhatian generasi muda pada nilai-nilai luhur bangsa itu adalah modal dasar munculnya generasi muda yang berkualitas, berkarakter dengan rasa nasionalisme tinggi dan gemar bekerja keras.”Generasi muda yang berkarakter kebangsaan yang kuat dan pekerja keras akan mampu menjadi penyelamat negara ini termasuk menjadi pimpinan nasional. Generasi muda mahasiswa jangan takut untuk menggapai itu semua, asal bekerja keras maka Insya Allah akan tercapai,” katanya.

Dalam kesempatan itu Prof. Bachtiar juga menegaskan kepada para generasi muda mahasiswa agar bangga dengan kemampuan sebagai anak bangsa Indonesia,Kebanggaan sebagai bangsa yang berpancasila.”Generasi muda janganlah silau dengan apapun yang dari luar,Kualitas dan kemampuan bangsa kita tidak kalah dengan bangsa lain, itu harus dicamkan,” tandasnya.

Sementara Wakil Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Dr. Desmadi  Saharuddin, Lc., MA dalam sambutannya mengatakan pemahaman dan implementasi terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam empat pilar negara harus selalu ditumbuh kembangkan dalam mewujudkan cita-cita masa depan Indonesia yang lebih baik menuju masyarakat yang sejahtera, adil, makmur, serta menjadi negara yang berdaulat dan bermartabat.“Generasi muda pasca reformasi perlu terus menerus diberikan pemahaman tentang empat pilar kebangsaan, sehingga untuk menghadapi masa depan bangsa ini akan lebih tegak dan kokoh dalam berbangsa dan bernegara menuju cita-cita proklamasi,” ujarnya.

Acara sosialisasi ini dihadiri oleh segenap pimpinan dan dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UIN Syarif Hidayatullah, Dr. Desmadi  Saharuddin, Lc., MA,  Dr. Ade Sofyan Mulazid, Dr. Siti Nurhasanah. Ada sekitar 200 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan undangan lainnya yang hadir.

Editor:Hadi

Komentar

News Feed