oleh

Repnas Luncurkan Bus Jelajah Nusantara

Aceh, Publikasinews.com – Ketua Dewan Pembina REPNAS, Bahlil Lahadalia dan Ketua Nasional REPNAS, Eka Sastra, akhir pekan ini, Minggu (20/01) meluncurkan salah satu agenda utama REPNAS bertajuk “Bus Repnas Jelajah Nusantara” di Simpang Lima, depan Hotel Kyriad, Banda Aceh. 

Bertolak dari Kota Banda Aceh, Bus Repnas Jelajah Nusantara ini direncanakan akan menjelajahi ratusan kota dan puluhan daerah di 16 propinsi di Indonesia selama kurang lebih 141 hari menuju kota/daerah tempat Jokowi berhasil merampungkan proyek strategis nasional (PSN) dalam kurun 4 tahun terakhir.  Perjalanan Bus Repnas Jelajah Nusantara akan berakhir pada akhir Maret 2019. 

Menurut Ketua Nasional REPNAS, Eka Sastra kepada media dalam acara pelepasan Bus tersebut., “Alasan mengapa Aceh menjadi titik tolak dari perjalanan ini adalah karena banyak tonggak sejarah lahir di Aceh antara lain Perang Aceh yang berlangsung kurang lebih selama 30 tahun.  Sejarah panjang perjuangan rakyat Aceh membuktikan adanya ketahanan dan daya juang yang tinggi, yang bersumber dari kehidupan religius, adat yang kukuh, dan budaya Islam yang kuat dalam menghadapi kaum penjajah.  Hal tersebut kemudian menjadi sumber inspirasi kami di Repnas untuk menjadi pribadi yang kuat dan pantang menyerah”.

Lebih lanjut Eka Sastra menjelaskan, tujuan Repnas mengadakan kegiatan ini adalah untuk mensosialisasikan keberhasilan Jokowi di bidang ekonomi, infrastruktur dan penciptaan lapangan kerja melalui lahirnya pengusaha muda di berbagai daerah. “Kami ingin berbagi pengetahuan yang lebih mendalam serta meningkatkan pemahaman publik di berbagai daerah akan hasil kerja Jokowi,”

Sampai akhir tahun lalu, tercatat sebanyak 40 Proyek Strategis Nasional yang 100 persen selesai dibangun dengan nilai estimasi Rp. 135,8 triliun. Saat ini juga terdapat 51 PSN dan 1 program ketenagalistrikan 35 gigawatt dalam tahap beroperasi sebagian, sisanya telah masuk pada tahap kontruksi dan penyiapan.

Dari proyek-proyek srategis itu terdapat beberapa kota yang akan dikunjungi oleh Bus Repnas Jelajah Nusantara ini.  Di kota-kota tersebut tim Repnas akan berinteraksi dengan masyarakat setempat, antara lain melakukan wawancara untuk mengetahui hal-hal positif apa yang sudah dirasakan, sosialisasi program-program Repnas, mengadakan kegiatan sosial dan hiburan serta kegiatan lomba membuat vlog berskala nasional.

Pembangunan infrastruktur menjadi fokus pemerintahan Jokowi dalam memimpin selama lima tahun ini.  Infrastruktur dibangun tak hanya di Pulau Jawa, tapi juga di pelosok-pelosok daerah, seperti Papua.  Pembangunan jalan, jembatan, bendungan, hingga jalur transportasi umum dikerjakan secara bersamaan. Ada yang sudah selesai, namun juga ada yang masih dalam proses. Tujuan dari pembangunan infrastruktur ini bukan tak lain untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Dengan konektivitas antara satu wilayah dan daerah lain diharapkan laju distribusi barang akan semakin lancar. Harga barang juga semakin kompetitif dan terjangkau. Dampaknya, memang tak bisa dirasakan dengan cepat, mungkin baru akan terasa lima atau bahkan 10 tahun ke depan saat semuanya telah selesai.

Bahlil Lahadia, Ketua Dewan Pembina REPNAS mengatakan, tujuan Repnas mendukung Jokowi agar terus dapat memberi masukan demi dunia usaha Indonesia yang terus berkembang. “Seperti awal tujuan kami para pengusaha muda dalam membentuk Repnas adalah akan tetap fokus mendukung pemerintahan Jokowi – Ma’ruf kelak dalam bidang ekonomi. 

Hingga saat ini, Repnas telah menjalankan program-program organisasi dan mengangkat isu-isu terkini yang berkaitan langsung dengan kondisi ekonomi serta memberikan solusi mengatasinya melalui kegiatan offline maupun online, salah satunya adalah dengan kegiatan Bus Repnas Jelajah Nusantara ini.  Melalui kegiatan ini Repnas dapat mendengarkan harapan masyarakat tentang hasil kerja jokowi dan masyarakat pun diharapkan dapat mengetahui peran serta Repnas dalam mewujudkan perekonomian Indonesia yang lebih baik,” tutur Bahlil kepada media saat pelepasan Bus di Banda Aceh.

Demi menggaungkan kegiatan Bus Jelajah Nusantara ini, seluruh kegiatan offline yang dilakukan Tim Bus Repnas Jelajah Nusantara akan dibarengi dengan kegiatan online, yaitu sosialisasi di seluruh platform media sosial dan mengikutsertakan masyarakat untuk mengikuti kompetisi membuat Vlog Testimoni Kenapa Pilih Jokowi serta memviralkan hastag kompetisi tersebut – #01jokowilagi #01indonesiamaju #repnas #suara(kotaanda).  Rangkaian kegiatan Bus Repnas Jelajah Nusantara ini akan diakhiri di Jakarta pada akhir Maret 2019 dan seluruh hasil kegiatan akan dilaporkan serta diserahkan langsung kepada Jokowi

Komentar

News Feed