oleh

Seputar E Samsat dan Keuntungannya yang Harus Diketahui Masyarakat

-Berita-110 views

PUBLIKASINEWS – Telah ada sejak tanggal 4 April 2019, ternyata tidak sedikit masyarakat yang belum mengenal apa itu E Samsat. Nah, jika Anda merupakan salah satu yang belum mengetahui seputar layanan ini serta keuntungannya, simak informasi berikut hingga tuntas!

Apa itu E Samsat?

Untuk diketahui, sebelum dikenal luas di tahun 2019 dengan peluncuran aplikasi resminya, layanan ini telah diberlakukan sejak tahun 2017. Sebagaimana namanya, E-Samsat adalah layanan Samsat yang dilakukan secara digital atau elektronik.

Nah, Samsat sendiri adalah singkatan dari Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap. Kalimat ini awalnya berasal dari bahasa Inggris, yaitu One-stop Administration Service Office. 

Layanan E-Samsat

Sejauh ini, E Samsat cenderung berfokus melayani pembayaran PKB atau Pajak Kendaraan Bermotor untuk jangka waktu per tahun. Untuk syaratnya sendiri cukup bermacam-macam, seperti tidak terlambat membayar pajak lebih dari satu tahun, kendaraan disertai surat-surat, dan lain-lain.

Untuk pembayaran PKB dalam jangka waktu 5 tahun, E-Samsat belum melayani hal ini sehingga Anda tetap harus mengunjungi kantornya.

Bayar Pajak Lebih Praktis

Meski hanya melayani untuk pembayaran PKB per tahun, layanan ini tentu sangat berguna untuk siapa saja. Terutama para pemilik kendaraan bermotor.

Jika Anda juga memiliki kewajiban membayar pajak ini, tentu pembayaran PKB akan dirasa lebih praktis saat dilakukan di sini. Pasalnya, Anda tidak perlu ke mana-mana dan pembayaran bisa dilakukan kapan pun juga.

Lebih Hemat Waktu

Keuntungan kedua yang bisa didapatkan dari keberadaan layanan ini adalah lebih hemat waktu. Seperti diketahui, membayar pajak langsung ke kantornya bisa saja membuang-buang waktu Anda.

Terlebih jika Anda merupakan orang yang sibuk sehingga sulit meluangkan waktu untuk hal ini. Dengan menggunakan layanan ini, pembayaran pajak bisa dilakukan tanpa hal-hal yang membuat berat pikiran, seperti karena macet di jalan atau bahkan antre di kantor pembayaran PKB.

Masyarakat Lebih Taat Pajak

Keberadaan layanan e-Samsat jelas bisa menjadikan masyarakat wajib pajak lebih taat pada kewajibannya. Pasalnya, orang-orang tersebut merasakan kemudahan dalam membayar pajak dan tentunya ini jauh lebih murah daripada dengan cara konvensional, yang mana, cara konvensional tersebut memerlukan waktu dan biaya bensin atau ongkos untuk sampai ke kantor pajaknya.

Minimalisir Percaloan

Keberadaan layanan e-Samsat yang bisa dipegang siapa saja menjadikan tiap-tiap orang dapat membayar pajak secara mandiri. Oleh karena itu, masyarakat tidak butuh lagi calo dan bisa lebih hemat saat membayar pajak.

Nilai Pajak yang Tepat

Saat Anda menggunakan aplikasi e-Samsat ataupun melakukan pembayaran ini di toko online, nominal pajaknya dipastikan anti salah. Sebab, layanan ini telah diintegrasikan dengan beberapa sistem sehingga nilai pajak yang harus dibayarkan masyarakat terjamin tepat.

Lebih Ramah Lingkungan

Menggunakan alat elektronik artinya meninggalkan cara konvensional yang masih memakai kertas untuk bukti pembayaran PKB. Sementara itu, sampah kertas yang makin menumpuk bisa jadi salah satu pemicu kerusakan lingkungan.

Nah, transformasi cara bayar PKB masa kini bisa jadi satu solusi untuk menghadapi masalah tersebut. Dengan pembayaran melalui alat elektronik, penggunaan kertas dan jumlah sampahnya bisa jadi lebih sedikit.

Mengurangi Korupsi Perpajakan

Di kantor perpajakan, berita adanya penyelewengan dana sudah bukan lagi rahasia. Publik pun tau jika kerap terjadi korupsi yang dilakukan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab.

Dengan e Samsat, dana yang dibayarkan masyarakat bisa sampai langsung ke pusat ataupun kantor utama pajak. Jadi, lebih minim risiko adanya korupsi dana pajak, bukan?

Komentar

News Feed