oleh

Struktur Gedung Rumah Sakit Umum pusat (RSUP) dr. Johanis Leimena Hampir Rampug

Ambon, Publikasinews.com – Struktur gedung rumah sakit umum pusat (RSUP) dr. Johanis Leimena yang berlokasi di Desa Rumah Tiga Kecamatan Teluk Ambon, Maluku hampir rampung pembangunannya, hingga akhir 2018 realisasi pembangunan struktur gedung RSUP yang berlantai delapan itu mencapai 95 persen.

“Jadi tinggal pengerjaan akhir saja dari realisasi pembangunan RSUP tahap pertama senilai Rp120 miliar,” kata Kadis PU Maluku, Ismael Usemahu, di Ambon, Jumat (28/12/2018)

Dia mengemukakan, pembangunan RSUP Johanis Leimena yang peletakannya batu pertamanya oleh Menkes, Nila Djuwita F. Moeloek didampingi Gubernur Maluku, Said Assagaff itu pada 25 Juli 2018 itu ditargetkan beroperasi pada pertengahan 2019.

“Khan setelah struktur gedung RSUP rampung harus pengadaan peralatan kesehatan, tenaga dokter, paramedis dan lain – lainnya sehingga masih membutuhkan tenggat waktu untuk dioperasikan” kata Ismael.

Dia mengemukakan, pembangunan RSUP Johanis Leimena tersebut merupakan salah satu dari 11 program prioritas untuk pembangunan Maluku yang telah disetujui Presiden Joko Widodo.

“Jadi RSUP termasuk salah satu dari 11 program strategis nasional yang telah diputuskan pemerintah pusat sehingga pembangunan dan pengadaan sarana dan prasarana didanai APBN melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang ditargetkan nenyerap lebih dari Rp500 miliar,” ujar Ismael.

Sedangkan, Kadis Kesehatan Maluku, Meykel Pontoh mengemukakan, RSUP Johanis Leimena diprogramkan beroperasi pada Juni 2019.

RSUP bila beroperasi nantinya membantu pelayanan kesehatan masyarakat, terutama untuk penyakit tidak dapat ditangani rumah sakit milik daerah atau swasta.

“Kami memprogramkan bila RSUP telah beroperasi, maka diusahakan tidak ada lagi masyarakat Maluku yang dirujuk ke luar daerah karena tersedia para dokter spesialis maupun peralatan modern,” tandas Meykel. Red

Komentar

News Feed