oleh

UMKM Binaan Kecamatan Pademangan Peringati HUT Jakarta Ke-492 Dan Sosialisasi Pembinaan Kewirausahaan Terpadu Di RPTRA Pademangan Barat

Jakarta, publikasinews.com –Hari Ulang Tahun Provinsi DKI Jakarta jatuh setiap tanggal 22 Juni setiap tahunnya. Jakarta yang kini berusia 492 Tahun, pemerintah provinsi DKI Jakarta menitik beratkan perayaan HUT dengan berbagai pementasan berkesenian dan pasar malam yang menyuguhkan aneka pasar murah dan kuliner khas Jakarta.

Pembinaan Kewirausahaan Terpadu (PKT) melalui Usaha Kecil Mikro dan Menengah menjadi bagian dari basis kekuatan ekonomi kerakyatan yang sejak beberapa tahun ini menjadi perhatian serius pemerintah Jakarta. Salah satunya adalah pembinaan yang dilakukan oleh Kecamatan Pademangan melalui sektor UMKM di kecamatan tersebut.

Sabtu 29/06/19 Pemuda Pademangan Barat didukung penuh Camat Pademangan Mumu Mujtahit menggelar Perayaan HUT DKI Jakarta Ke-492 di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak atau RPTRA Pademangan Barat.

Selain menampilkan kesenian betawi, acara perayaan HUT DKI Jakarta tersebut juga di isi sosialisasi Pembinaan Kewirausahaan Terpadu di Kecamatan Pademangan. Acara tersebut digelar atas biaya swadaya dari anggota UMKM kecamatan Pademangan.

usman salah satu warga masarakat pademangan barat yang menggagas atas terlaksananya acara tersebut yanh di dukung penuh oleh camat pademangan bapak Mumu Mujtahit serta semua pihak instansi terkait.

qamdulilah wargapun antusiasnya sangat tinggi dalam acara tersebut dan sangat bergembira semua para pengunjung khususnya warga kecamatan pademangan,dan sangat puas meskipun tidak semarak dan semeriah seperti di tempat tempat lain tapi warga sangat bangga dan gembira atas terlaksananya acara tersebut.

“Acara ini terselenggara atas dukungan penuh Kecamatan, khususnya Camat dan Kepala Satuan pelaksana Tugas yang menangani UMKM di kecamatan Pademangan.

Aqamdulilah wargapun antusiasnya sangat tinggi dalam acara ini dan sangat bergembira semua para pengunjung khususnya warga kecamatan pademangan sangat puas meskipun tidak semarak dan semeriah seperti di tempat tempat lain tapi warga sangat bangga dan gembira atas terlaksananya acara ini. “ujar Usman kepada wartawan.

Dalam kata sambutannya, Kepala Satuan Pelaksana Tugas (Kasatpel) Djajat mengatakan, “Dukungannya dalam acara ini sekaligus sosialisasi Pembinaan Kewirausahaan Terpadu (PKT) bagi para pedagang atau UMKM setempat yang belum menjadi anggota PKT sesuai peraturan Pergub DKI Jakarta nomor 2.

“Acara ini dalam rangka memperingati HUT DKI Jakarta. Dan kami dari UKM, menghimbau dengan adanya pergub 102, kami menghimbau para pedagang ini untuk menjadi anggota Pembinaan kewirausahaan terpadu (PKT).” ujar Djajat.

Jajat juga mengatakan, ada 7 langkah atau program yang dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta untuk para UMKM yang masuk menjadi anggota PKT.

“Ada 7 program dari pak Gubernur, 7 langkah itu, ada pendaftaran, pelatihan, pendampingan, untuk Pemasaran dari program gubernur (Anies Baswedan) juga ada dari bazar. Itu semuanya difasilitasi (PKT) dari Pemda (Pemprov DKI Jakarta), tendanya, semuanya,” Terang Djajat.

Namun, Djajat mengakui, khusus bazar yang dilakukan di RPTRA Pademangan Barat ini bukan anggaran dari pemerintah, namun merupakan biaya atas dasar Swadaya (patungan) para pedagang. “Kalau di luar anggaran dari pemda, seperti bazar ini, anggarannya dari Swadaya (para UKM), mandiri. Ini bazar mandiri.” tegasnya.

Namun begitu, dukungan Camat dalam bazar ini adalah selain mensuport pelaksanaan HUT DKI, juga sebagai bagian sosialisasi PKT untuk para pedagang. “Jadi kepada UKM, kita menginformasikan, mengajak para pedagang, untuk iktu (masuk) ke dalam program PKT, begitu ya..” tandas Djajat.

Sementara itu, kemeriahan acara HUT DKI Jakarta Pademangan Barat selain dipenuhi dengan bazar pasar malam, juga dimeriahkan dengan kesenian Betawi dan program edukasi kepada anak-anak.

Antusias warga sangat tinggi dan larut dalam acara tersebut para pengunjung yang datang dalam acara tersebut didominasi warganya setempat khususnya warga kecamatan pademangan.

(Nhd)

Komentar

News Feed