oleh

9.200 Pasar Tradisional akan di Sasar lewat ‘Gerakan Pakai Masker’ (GPM)

Jakarta, PublikasiNews.Com -KESADARAN masyarakat Indonesia memakai masker di masa pandemi covid-19 masih sangat rendah, hanya 30 persen. Sementara, yang membutuhkan masker masih sangat banyak namun tidak dapat mengaksesnya karena berbagai kendala, ketidakmampuan ekonomi, bahkan tidak tersedianya masker di lingkungan mereka.

Sigit Pramono, inisiator sekaligus Ketua Gerakan Pakai Masker (GPM) berkomitmen terus melakukan gerakan dengan kampanye publik pakai masker di 9.200 pasar tradisional di Indonesia yang di dalamnya ada lebih dari 7 juta pedagang, belum termasuk pembelinya.

Sigit Pramono, inisiator sekaligus Ketua Gerakan Pakai Masker (GPM) ketika membagikan masker kepada seorang pedagang di pasar. Sigit juga berkomitmen terus melakukan gerakan dengan kampanye publik pakai masker di 9.200 pasar tradisional di Indonesia

“Seperti diketahui, pasar tradisional adalah urat nadi perekonomian negeri kita. Pada umumnya mereka belum banyak terjamah oleh gerakan bantuan sosial dan pembagian masker gratis yang sudah dilakukan beberapa pihak selama ini. Banyak gerakan yang menggunakan platform digital, sehingga masker hanya beredar di kelompok yang akrab dengan penggunaan aplikasi digital. GPM bermaksud untuk membantu kelompok masyarakat yang masih membutuhkan sosialisasi pemakaian masker yang benar,” kata Sigit Pramono, di Jakarta pada, Rabu (08/7/2020).

Sigit juga menambahkan setelah pasar tradisional, GPM akan melakukan kerja sama dengan pesantren di seluruh Indonesia untuk melakukan sosialiasi pemakaian masker. Selanjutnya akan disasar target per kelompok masyarakat tertentu seperti misalnya, perguruan tinggi, sekolah, kaum perempuan, kaum profesional kelompok perbankan, kaum milenial, pelaku seni budaya, dan lain-lainya.

Sebelumnya, penyuluhan untuk Penyuluh Pedagang Pasar angkatan I telah dilakukan pada 24 Juni 2020 yang mencakup 237 pasar se-Jabodetabek. Sedangkan Penyuluhan untuk Penyuluh Angkatan ke II meliputi 1.749 pasar rakyat di provinsi Jabar dan Banten (di luar Bodetabek yang sudah masuk angkatan I), Provinsi Jateng, dan DIY.

“Sekitar 70% kegiatan GPM adalah kampanye publik penggunaan masker. 30% membantu mengumpulkan dan menyalurkan masker kepada yang membutuhkan. Itupun kita akan bekerja sama dengan pihak-pihak yang sudah melakukan hal itu seperti BenihBaik.com, Gemas, PeduliSehat dan lain sebagainya,” tegas Sigit.

Pihaknya tidak bermaksud untuk menyaingi atau menafikan upaya-upaya yang sudah dilakukan banyak pihak sejak pandemi covid-19 merebak. Justru GPM akan mengajak kerjasama, kolaborasi, koordinasi, dan co-branding para pihak yang sudah melakukan kegiatan sejenis. “Jadi ini pekerjaan besar yang harus dilakukan secara bersama-sama dan gotong royong serta keroyokan,” tegas Sigit.

“Untuk menangani persoalan masker ini, ibaratnya diperlukan nafas panjang selayaknya pelari marathon. Mengingat keadaan ini akan terus berlangsung hingga vaksin untuk mengatasi covid-19 ini ditemukan dan sampai ke tangan masyarakat yang diperkirakan sampai pada akhir tahun 2021,” kata Ketua GPM ini menutup percakapan.[] Red/Zark

Komentar

News Feed