oleh

Agus Arifin Numang-Tanribali Lamo Kandidat Terkuat dengan Tingkat Elektabilitas 32,87%.

-Politik-2.270 views

Jakarta, Publikasinews.com – Vox Populi Survey merilis hasil survey terbarunya terkait Pilkada Sumatera Selatan (Sulsel). Hasilnya, Agus Arifin Numang-Tanribali Lamo merupakan kandidat terkuat dengan tingkat elektabilitas 32,87%.

“Paslon (pasangan calon) dengan elektabilitas tertinggi nomor 2 adalah Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman, dengan tingkat elektabilitas sebesar 24,54%. Diposisi selanjutnya adalah Nurdin Halid-Abd Aziz Qahhar Mudzakkar yang mendapatkan elektabilitas sebesar 21,43%,” demikian dikutip dari keterangan resmi Vox Populi Survey pada Sabtu (23/06/2018) dini hari.

Sementara itu, Paslon Ichsan Yasin Limpo (IYL)-Andi Mudzakkar hanya mendapatkan tingkat elektabilitas sebesar 18,22%. Nama besar sang pendahulu, Sahrul Yasin Limpo, rupanya tak begitu berpengaruh terhadap IYL.

Tingginya tingkat keterpilihan paslon Agus Arifin Numang-Tanribali Lamo dikarenakan sosok Agus Arifin Numang yang sudah 2 periode menjabat sebagai wakil Bupati Sulawesi Selatan, kebanyakan responden menilai bahwa Agus Arifin Numang mampu menjadi pemimpin Sulawesi selatan karena terbukti telah mampu banyak membawa perubahan kemajuan provinsi Sulsel.

Paslon Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman yang berada pada posisi kedua dalam tingkat elektabilitas dalam survey ini. Paslon ini dianggap responden yang memilihnya sebagai pemimpin Kab. Bantaeng yang berhasil namun belum mampu menurunkan tingkat kemiskinan di Bantaeng selama 2 periode memimpin Kab. Bantaeng.

Sedangkan paslon Nurdin Halid-Abd Aziz Qahhar yang memiliki tingkat elektabilitas sebesar 26,43%, dinilai para responden yang memilihnya sebagai paslon yang tegas apabila mereka diberikan kewenangan untuk memajukan Sulawesi selatan.

Survey dilakukan selama 10 hari, dimulai dari tanggal 11 Juni hingga 20 Juni 2018. Margin eror yang digunakan dalam survey ini sebesar 2,25% dengan tingkat kepercayaan 95%, dengan jumlah DPT di Sulawesi Selatan sebesar 6.051.640 pemilih, maka ditetapkan jumlah responden sebanyak 1.897 pemilih. Sedangkan tehnik pengumpulan data menggunakan purposive random sampling.

Komentar

News Feed