oleh

Cahirman Nizan Carlos Ghosn, Telah Ditangkap Kepolisan Tokyo Sebab Melakukan Pelangaran Signifikan

Jepang, Publikasinews.com- Chairman nizan, Carlos Ghosn, dilaporkan telah ditangkap pihak berwenang di Tokyo, pada Senin (19/11). Ghosn dituduh Nissan telah melakukan “pelanggaran signifikan” dan sedang dicari cara untuk memecatnya.

Media penyiaran publik di Jepang, NHK, dan berbagai media lokal lainnya mengatakan Ghosn ditangkap setelah diwawancarai jaksa di Tokyo untuk beberapa kejanggalan termasuk soal laporan pendapatannya.

“Kantor kejaksaan distrik Tokyo menangkap Chariman Nissan Ghosn atas kecurigaan pelanggaran Financial Instrument dan Exchange Act,” tulis NHK seperti disiarkan AFP.

Melalui Pernyataan Nissan mengaku telah melakukan penyelidikan pada Ghosn selama beberapa bulan usai menerima laporan dari penyulut isu. Nissan mengungkap menemukan pelanggaran Ghosn sudah dilakukan sejak beberapa tahun yang lalu.

Tidak hanya Ghosn, Nissan juga menjelaskan melakukan penyelidikan kepada Representative Director Nissan Greg Kelly beberapa bulan lalu.

“Penyelidikan menunjukkan bahwa selama bertahun-tahun Ghosn dan Kelly telah melaporkan jumlah kompensasi di laporan Bursa Efek Tokyo kurang dari jumlah sebenarnya, dalam usaha mengurangi pengumuman angka kompensasi Carlos Ghosn,” tulis pernyataan Nissan.

“Selain itu, dalam hal pada Ghosn, banyak tindakan pelanggaran signifikan lainnya telah ditemukan, seperti penggunaan pribadi aset perusahaan, dan keterlibatan Kelly yang mendalam juga telah dikonfirmasi,” kata pernyataan itu lagi.

Nissan menyatakan menyediakan informasi untuk jaksa dan menyarankan kepada dewan direksi untuk mencopot Ghosn dan Kelly dari posisinya. Red

Komentar

News Feed