oleh

Cegah Penyebaran COVID-19, Lurah Jakasampurna bersama PAC LDII lakukan penyemprotan Cairan Desinfektan

Kota Bekasi – PublikasiNews.Com | Berdasarkan data secara nasional bahwa per tanggal 23 Maret 2020, jumlah orang yang positif terinspeksi penyakit virus corona atau Corona Virus Disease (COVID-19) di Indonesia mencapai 579 orang, 49 orang diantaranya telah meninggal dunia dan 30 orang lainnya telah berhasil disembuhkan.

Sementara di Kota Bekasi, sesuai data yang dikeluarkan Dinas Kesehatan Kota Bekasi per 23 Maret 2020 menyebutkan 15 orang terkonfirmasi positif Corona, 160 Orang Dalam Pemantauan (ODP), dan 82 orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP), dan data warga yang meninggal dunia masih dalam konfirmasi ?.

Ketua PAC LDII Jakasampurna, H. Difaini Anugrah (tengah), bersama Lurah Jakasampurna, Nurdin (kedua dari kanan) dengan didampingi Ketua DKM Masjid Assyuhada, H. Priyadi Ismunarto, ketika menjawab pertanyaan awak media. Difaini menghinbau keada warga LDII serta lebih menekankan untuk sementara lebih baik selalu berada dirumah serta selalu menghindari kontak fisik (physical distancing). Kegiatan penyemprotan cairan desinfektan merupakan untuk yang ke 3 kalinya dilakukan PAC LDII Jakasampurna tersebut pada, Selasa (24/03/2020).dok-istimewa

Pemkot Bekasi dalam hal ini memang patut mewaspadai, pasalnya selain karena Wilayah Bekasi berbatasan langsung dengan DKI Jakarta sebagai epicentrum Covid-19 juga karena banyak warga Bekasi yang beraktifitas serta mencari nafkah di Jakarta.

Pemerintah Kota terus berupaya memutus rantai penyebaran wabah penyakit mematikan dan mudah menular ini, melalui surat edaran Wali Kota Bekasi bernomor 4430/2138/SETDA.Kessos Tentang Antisipasi dan Pencegahan Penularan Corona Virus Diseas (Covid-19) yang ditujukan kepada Camat dan Lurah se-Kota Bekasi.

Maka terkait surat edaran tersebut, Lurah Jakasampurna bergerak cepat menggelar penyemprotan Cairan Desinfektan ke sejumlah sekolah-sekolah dan tempat ibadah di seluruh wilayah Jakasampurna.

Beberapa tempat yang menjadi lokasi penyemprotan diantaranya Masjid jami Assyuhada tempat kegiatan LDII kelurahan jakasampurna terletak di Jalan Wijaya Kusuma Raya Nomor 36, RT 006/015 dan Masjid Al Ikhlas di RT 004/015, Jakasampurna Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi pada, Selasa (24/03/2020) pagi.

Kegiatan penyemprotan desinfektan di Masjid Jami Assyuhada LDII diawali ramah tamah dan sambutan penerima tamu, pengarahan terkait regulasi dan tata laksana penyemprotan, dirangkai dengan sarapan pagi bersama kemudian penyemprotan areal masjid dan sekitarnya.

Lurah Jakasampurna, Nurdin di sela-sela acara penyemprotan mengatakan bahwa pihaknya terus memonitor perkembangan COVID-19 diwilayahnya serta selalu berpesan untuk menjaga selalu menjaga kebersihan diri dan keluarga. “Pola hidup sehat dalam rangka mencegah penyebaran virus Corona ini memang adanya di diri pribadi masing-masing dengan selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan,” tutur Nurdin.

Penyemprotan ini, lanjut Nurdin adalah dalam rangka mencegah berkembangnya virus-virus Corona, khususnya di tempat ibadah. Nurdin juga mengajak seluruh elemen masyarakat bersama-sama mendukung upaya pencegahan secara prefentif tersebut. “Bersama-sama dengan pemerintah, masyarakat selalu menjaga lingkungan supaya terhindar dari virus corona ini,” imbaunya.

Sementara itu, Ketua PAC LDII Jakasampurna H. Difaini Anugrah mengapresiasi langkah-langkah yang dilakukan serta menyambut baik himbauan pemerintah untuk melaksanakan desinfeksi. Difaini beserta jajarannya akan selalu men-support kegiatan penyemprotan di masjid Assyuhada.

“Pada dasarnya kita selalu mendukung penuh semua himbauan yang dikeluarkan pemerintah kota melalui surat edaran Wali Kota Bekasi, tadi kita juga sudah mendengar himbauan dan harapan pak lurah kepada warga Jakasampurna,” ujar Difaini.

Masih kata Difaini, bahwa desinfeksi di masjid Assyuhada sudah 2 kali dilakukan secara swadaya sebelum pihak kelurahan melakukan penyemprotan yang dilaksanakan hari ini, justru hari ini adalah untuk yang ke 3 kalinya. “Jadi khusus di lingkungan masjid ini pun, penyemprotan cairan desinfektan di masjid ini kita sudah melakukan penyemprotannya selama 2 kali,” ungkapnya.

Difaini juga menambahkan terkait himbauan pemerintah untuk social distancing, Semua majelis taklim LDII dan kantor sekretariat telah disediakan Hand Sanitizer untuk dipintu-pintu masuk, serta sabun cuci tangan di area wudhu.

“Selain itu, di barengi pengumuman sebagai pengingat untuk membersihkan tangan sebelum masuk masjid. Kami juga selalu mengimbau untuk para jamaah sementara waktu melakukan ibadah shalat di rumah masing-masing dan aktifitas pengajian bisa dilakukan dengan melalui sistem online, aplikasi perpesanan WhatsApp, hal ini untuk penerapan physical distancing,” ucapnya.

Kegiatan disinfeksi ini dihadiri Nurdin, Lurah Jakasampurna, bersama Sekretaris Kelurahan Edi serta di dampingi beberapa staf kelurahan, tampak pula Bimaspol, Sulistiyanto dan Babinsa Jakasampurna, Serma Hariadi,

Sedangkan dari pihak LDII sendiri, dihadiri oleh Ketua PAC LDII Jakasampurna, H. Difaini Anugrah, Ketua DKM Masjid Assyuhada, H. Priyadi Ismunarto, Dewan penasehat PAC LDII Jakasampurna H. Murwanto, Pakar Ahli pendidik, H. Ratoyo Rasdan dan beberapa tokoh masyarakat dan ulama setempat.[]Jark

Komentar

News Feed