oleh

Deras Air Laut Menjadi Kendala Ahirnya Ditemukan Kotak Hitam Pesawat Lion Air PK-LQP JT 610

Jakarta, Publikasinews.com – Kotak hitam pesawat Lion Air PK-LQP JT 610 yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat, ditemukan, Kamis (1/11/2018) siang. melaporkan, kotak hitam sudah dibawa oleh Kapal Baruna Jaya 1. Kepastian penemuan kotak hitam Lion Air JT 610 ini dibenarkan oleh tim penyelam dari Batalyon Intai Amfibi TNI AL.

Menurut Sertu Hendra, saat ini kotak hitam Lion Air JT 610 yang telah diangkat tersebut ditempatkan di KR Baruna Jaya 1. Dikatakan, proses pencarian kotak hitam dilakukan dengan menurunkan ROV. Robot penyelam tersebut pafa Kamis (1/11/2018) pagi sudah menangkap gambar serpihan pesawat dan barang milik penumpang di bawah laut.

Selain itu, petugas yang diturunkan juga membawa “ping locator”. Alat penangkap sinyal yang dipancarkan kotak hitam atau black box.

“Kami mengikuti alat tersebut, kemudian kami perkecil areanya. Saat alatnya menimbulkan bunyi sensitif, kami gali lagi, akhirnya kami mendapatkan black box,” ujar Sertu Hendra.

Sebelumnya Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Muhammad Syaugi mengatakan, derasnya arus laut menjadi kendala penyelam mengambil black box atau kotak hitam pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh di perairan Tanjung Karawang dan saat ini telah terdeteksi keberadaannya.

“Setelah kami turunkan penyelam ternyata tidak mudah karena arusnya cukup deras. Kapal yang begitu besar saja yang (beratnya) puluhan ton bisa bergeser. Begitu kami masukkan orang menuju ke sana, arusnya melawan,” ujar Syaugi di kawasan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Red

Komentar

News Feed