oleh

FPPSKI 1 Tahun Berkiprah, Pengurus serukan Berkarya dibidang Pelestarian Budaya

BEKASI – PublikasiNews.Com | Setelah selama satu tahun telah berkiprah, seluruh jajaran pengurus Forum Pelestari Pencak Silat Keris Indonesia (FPPSKI) menyerukan agar seluruh elemen masyarakat dan generasi muda bangsa Indonesia, tidak perlu ragu lagi dalam berkarya dibidang Pelestarian Budaya. Hal ini dikatakan Sekretaris Jenderal FPPSKI, Narwan Riyadi saat ditemui di acara Milad pertama FPPSKI yang digelar bertempat di Padepokan pencak silat TMII Jakarta pada, Senin (17/08/2020).

Narwan Riyadi atau sering disapa Riyandi selaku Sekretaris Jendral FPPSKI, juga mengajak seluruh elemen bangsa dan generasi muda Indonesia untuk tidak ragu dalam berkarya dibidang budaya khususnya pencak silat keris demi mendorong pemajuan dan pelestarian (senjata Nusantara), keris melalui bidang seni pencak silat.

Suasana saat seluruh pengurus Forum Pelestari Pencak Silat Keris Indonesia (FPPSKI) saat menghadiri seruaan agar seluruh elemen masyarakat dan generasi muda bangsa Indonesia dalam berkarya dibidang budaya khususnya pencak silat keris demi mendorong pemajuan dan pelestarian (senjata Nusantara), keris melalui bidang seni pencak silat.ketika acara Milad pertama FPPSKI yang digelar bertempat di Padepokan pencak silat TMII Jakarta pada, Senin (17/08).dok-istimewa

“Mari seluruh elemen bangsa dan para generasi muda Indonesia jangan pernah ragu untuk berkarya dalam bidang kebudayaan. kita memiliki kewajiban bersama dan hal yang sama dalam melindungi, mengembangkan dan memanfatkan kekayaan Intelektual untuk berekspresi dalam menjaga warisan budaya tradisional milik Bangsa Indonesia,” tutur Riyadi

Hal tersebut sebagaimana tertera dalam Perjanjian kerjasama antara Departemen Kebudayaan dan Pariwisata dengan Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor PKS.46/KS.001/MKP/07 dan Nomor M-12.UM.06.07. Dimana Perjanjian tersebut membahas tentang perlindungan, Pembangunan dan Pemanfaatan Kekayaan Intelektual Ekspresi Budaya Warisan Tradisional Milik Bangsa Indonesia.

“Oleh sebab itu kita sebagai generasi muda Bangsa Indonesia jangn pernah abai untuk terus melestarikan Budaya Tradisional milik bangsa kita. Pasal 32 Undang-undang Dasar 1945 juga menyatakan bahwa “Negara memajukan kebudayaan nasional Indonesia di tengah-tengah peradaban dunia dengan memberi kebebasan kepada masyarakat untuk memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budayanya,” paparnya.

“Jadi saya dan para Jajaran Pengurus FPPSKI mengharapkan semoga semakin banyak elemen masyarakat dan para generasi muda dari berbagai perguruan pencak silat yang turut serta bersama kami untuk terus mempersembahkan karya-karya kita bersama dalam menjaga budaya bangsa, sejauh karya-karya kita tidak merusak norma-norma yang terkandung dalam budaya itu sendiri maka kita memiliki kebebasan untuk berkarya dalam menjaga dan melestarikan ased warisan budaya bangsa Indonesia,” tegas Riyandi SEKJEND FPPSKI

Sementara itu, Ketua Harian FPPSKI, Suparyo menuturkan bahwa banyak harapan-harapan dan cita-cita besar kedepan setelah FPPSKI genap berusia 1 tahun. “Saya berharap setelah FPPSKI genap berusia satu tahun kedepan FPPSKI akan lebih dapat membawa perubahan yang besar terhadap kemajuan dan pelelestarian Aset Budaya warisan Bangsa Indonesia, terutama keris melalui bidang seni pencak silat,” ujarnya.

Selain dukungan dari pihak PB IPSI, lanjut Suparyo, pihaknya sangat berharap ada perhatian dari pemerintah. “Kami juga memerlukan dukungan dari pihak pemerintah khususnya Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan serta beberapa Dinas atau Instansi terkait agar bersedia mendukunng dan terlibat dalam upaya-upaya yang sedang kami susun dengan memfasilitasi dan mendorong agar kami bisa terus berkarya,” imbuhnya.

“Sehingga ada bukti yang nyata bahwa kami bangsa Indonesia mampu menjaga dan melestarikan Aset-aset Budaya non bendawi yang telah ditetapkan oleh Pihak UNESCO sebagai warisan budaya dunia milik Bangsa Indonesia,” ungkap Suparyo sekaligus selaku Ketua Umum KOWARA tersebut.

Suhelman Edianto, SH selaku jabatannya sebagai Dewan Pembina 2 FPPSKI turut hadir dalam acara. Ia juga menyampaikan beberapa harapan untuk kedepannya setelah FPPSKI genap berusia 1 tahun.
“Saya berharap setelah FPPSKI genap berusia 1 tahun kedepan akan dapat lebih memperluas cabangnya dibeberapa wilayah, dengan tidak memandang bendera perguruan maupun teknik dan gaya silatnya,” tegas Suhelman.

“Selain itu, saya juga berharap para tim FPPSKI yang sedang melakukan kajian dan penelitian penyusunan modul pencak silat keris segera dapat dukungan dari pihak dinas terkait agar proses penyusunan modul tersebut dapat segera diselesaikan sehinga nantinya apabila anggota FPPSKI semakin bertambah sudah tersedia data informasi untuk memberikan gambaran kepada sebuah perguruan yang baru bergabung untuk memulai mengemangkan pencak silat keris bersama-sama FPPSKI,” pungkas Suhelman menutup amanat dalam pesannya.[]hms/FPPSKI-Zark

Komentar

News Feed