oleh

IPTU Santri Dirga pimpin Polsek Jatisampurna, setelah Polsub Sektor resmi Jadi Mapolsek

BEKASI – PublikasiNews.Com | Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol Aloysius Suprijadi, dengan didampingi Wali Kota Bekasi Dr. Rahmat Effendi meresmikan Polsub Sektor Jatisampurna menjadi Polsek Jatisampurna ditandai dengan penanandatangan prasasti, serta prosesi gunting pita menandai dapat beroperasinya Mapolsek Jatisampurna pada, Senin (19/4/2021)

Terlihat dalam kegiatan peresmian ini, Kapolsek Jatisampurna IPTU Santri Dirga yang sebelumnya menjabat sebagai Kanit Reskrim Polsek Pondokgede. Dan Polsek Jatisampurna menjadi Polsek Ke 9 Polres Metro BEKASI Kota, dari 12 Kecamatan di Kota Bekasi karena sebagian masih ada yang tergabung.

Seperti, Kecamatan Rawalumbu, Bekasi Timur tergabung di Polsek Bekasi Timur. Kecamatan Mustikajaya dan Bantar Gebang masuk Polsek Bantar Gebang serta Kecamatan Pondok Melati dan Pondokgede tergabung di Polsek Pondokgede.

Tampak Ketua DPRD Kota Bekasi Chairuman J. Putro, Anggota DPRD Kota Bekasi, yang juga merupakan ketua Koppas Kranggan Anim Imanudin, perwakilan Dandim 0507 Bekasi, Camat Jatisampurna Wahyudin dan segenap jajaran aparatur dari Pemerintah Kota Bekasi di Kecamatan Jatisampurna.

Kombes Pol. Aloysius Suprijadi selaku Kapolres Metro Bekasi Kota menuturkan bahwa Polsek Jatisampurna merupakan Polsek Tipe D (Pra Rural) seusuai dengan Kep/320/III/2021. sehingga dipimpin oleh seorang perwira pertama tingkat dua (IPTU), dan tentunya juga tidak akan mempunyai wakil.

Seperti diketahui, bahwa ada tiga tingkatan untuk memimpin Kepolisian Sektor (Polsek), diantaranya Pra Rural dipimpin oleh IPTU, kemudian Rural dipimpin AKP dan Urban yang dipimpin oleh perwira menengah tingkat satu Polri, yakni KOMPOL

Selain itu, lanjut Kombes Aloysius, sebelumnya Polsek ini adalah (Polsub Sektor) yang merupakan bagian dari Polsek Pondokgede, karena Polsek pondokgede ada tiga kecamatan. “Maka ini adalah salah satu cara meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, ini juga termasuk program dari Kapolri untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan satu Polsek di satu kecamatan,” tutur Kombes Aloysius.

Polsek Jatisampurna dengan jumlah 30 personil akan membawahi 5 kelurahan di kecamatan Jatisampurna. Kewenangan kerja pun tetap terbatas hanya pada tahap penyelidikan kasus, dan penyidikan akan diserahkan kepada Polres Metro Bekasi Kota.

“Saat ini statusnya masih pra Rural jadi dia tidak bisa menyidik tapi nanti setahun akan dievaluasi untuk naik tingkat menjadi Rural nanti bisa menyidik, nanti sementara hanya Lidik saja, sidiknya naik ke Polres,” ungkapnya.

“Harapannya kehadiran Polsek ini dapat memberikan pelayanan khususnya untuk masyarakat Jatisampurna,” pungkas Didi sapaan akrab Kapolres Metro BEKASI Kota ini.

Sementara itu, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menyambut baik kehadiran Polsek Jatisampurna yang berbatasan langsung dengan wilayah lain seperti Cibubur dan Kabupaten Bogor.

“Tentunya yang paling penting adalah sinergitas antara unsur muspika, dan harapannya, kinerja semakin mudah dan cepat, selain pelayanan juga semakin maksimal,” ujar Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi.

Maka kedepannya melalui dukungan semua pihak, telah diupayakan untuk dapat terlaksana serta terwujud program Kapolri tersebut dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, yakni satu wilayah Kecamatan dengan satu Mapolsek di Kota BEKASI.(*/dok-ist./fwj/Zark)

Komentar

News Feed