oleh

Irjen Pol Boy Rafli Amar akan Dimutasi Jadi Wakalemdiklat Polri, Martuani Jabat Kapolda Papua

Jakarta Publikasi.com – Kepala Divisi Propam Polri Irjen Pol Martuani Sormin akan menduduki jabatan baru sebagai Kapolda Papua. Mutasi tersebut berdasarkan surat telegram rahasia Kapolri Nomor ST/1184/VIII/2018 tanggal 13 Agustus 2018 yang dikeluarkan pada Senin (13/8/18).
Irjen Pol Martuani Sormin akan menggantikan Irjen Boy Rafli Amar yang akan menempati pos baru sebagai Wakalemdiklat Polri. Sementara pengganti Martuani akan ditempati oleh Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo yang menjabat sebagai Kapolda Banten.
Kapolda Banten pun akan ditempati oleh Brigjen Pol Teddy Minahasa Putra yang sebelumnya menjabat sebagai Karopaminal Divpropam Polri. Sedangkan jabatan Karopaminal Divpropam Polri akan diisi oleh Brigjen Pol Ignatius Sigit Widiatmono yang sebelumnya bertugas pada BNPT.
Dari informasi yang didapatkan publikasinews.com selain jabatan Kapolda Papua, Jabatan Kapolda Maluku juga turut diserahterimakan di mana Kakorlantas Polri, Irjen Pol Royke Lumowa akan menempati pos baru sebagai Kapolda Maluku menggantikan Irjen Pol Andap Budhi Revianto yang akan menduduki pos baru sebagai Kapolda Kepri.
Jabatan Kakorlantas Polri sendiri akan ditempati oleh Brigjen Pol Refdi Andri yang sebelumnya menjabat sebagai Karoprovost Divpropam Polri. Sementara jabatan Karoprovost Divpropam Polri akan dijabat oleh Kombes Pol Hendro Pandowo yang menjabat sebagai Kapolrestabes Bandung.
Posisi Kapolrestabes Bandung akan ditempati oleh Kombes Pol Irman Sugema yang sebelumnya menjabat sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Provost Divpropam Polri. Sementara Jabatan Kapolda Sumatera Utara pun turut dirotasi, di mana Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw akan menempati pos baru sebagai Pati Lemdiklat Polri dalam rangka penugasan pada Lemdiklat Polri.
Sedangkan pengganti Waterpau akan ditempati oleh Brigjen Pol Agus Andrianto yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Sumut. Sedangkan jabatan Wakapolda Sumut sendiri akan ditempati oleh Kombes Pol Mardiaz Kusin Dwihananto yang sebelumnya menjabat sebagai Koorspripim Polri.
Dalam telegram tersebut, disebutkan bahwa ada sebanyak 62 polisi baik Pamen maupun Pati Polri yang dimutasi. Ada pula sejumlah Kepala Polda yang digeser ke posisi lain. Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Machfud Arifin akan menempati pos baru sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Sabhra Baharkam Polri, posisi Macfud sendiri akan digantikan oleh Irjen Pol Luki Hermawan yang sebelumnya menjabat sebagai Wakabaintelkam Polri.
Posisi Luki Hermawan akan digantikan oleh Irjen Pol Suntana yang saat ini menjabat sebagai Kapolda Lampung. Sementara posisi Kapolda Lampung akan dijabat oleh Brigjen Pol Purwadi Arianto yang saat ini menjabat sebagai Wakapolda Metro Jaya, sedangkan posisi Wakapolda Metro Jaya akan ditempati oleh Brigjen Pol Wahyu Hadinigrat yang sebelumnya menjabat sebagai Pati Baintelkam Polri.
Kapolda Kalimantan Selatan pun turut dimutasi, di mana Irjen Pol Rachmad Mulyana yang saat ini menjabat Kapolda Kalsel akan menempati pos barunya sebagai Staf Ahli Sosial Ekonomi Kapolri, sedangkan jabatan Kapolda Kalsel akan ditempati oleh Irjen Pol Yazid Fanani yang sebelumnya menjabat sebagai Pati Baintelkam Polri.
Selanjutnya Wakapolda Sulawesi Tengah yang saat ini dijabat oleh Kombes Pol Muhamad Aris Purnomo akan dirotasi dimana jabatan Wakapolda Sulteng akan ditempati oleh Kombes Pol Setyo Budi Moemponei Harso yang sebelumnya menjabat sebagai Wadan PasGegana Koor Brimob Polri.
“Sedangkan Kombes Pol. Muhamad Aris Purnomo akan menduduki jabatan baru sebagai Pamen Bareskrim Polri. Selain itu, Jabatan Kapolda Riau pun turut dimutasi, di mana Irjen Pol Nandang yang menjabata sebagai Kapolda Riau akan menduduki jabatan baru sebagai Pati Baintelkam Polri, sedangkan posisi Kapolda Riau akan dijabat oleh Brigjen Pol Widodo Eko Prihastopo, yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Jawa Timur.
SedangPosisi Wakapolda Jawa Timur akan ditempati oleh Brigjend Pol Brigjen Pol Muhammad Iqbal yang sebelumnya menjabat sebagai Karopenmas Divisi Humas Polri. Jabatan Karopenmas sendiri akan ditempati oleh Brigjen Pol Dedi Prasetyo yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Kalimantan Tengah, sedangkan posisi Wakapolda Kalimantan Tengah akan ditempati oleh Brigjen Pol Rikwanto yang saat ini menjabat sebagai Karo Multimedia Divhumas Polri.
Selain itu, jabatan Wakapolda Kepulauan Bangka Belintung juga turut dirotasi pimpinan Polri di mana Kombes Pol Tantan Sulistyana akan menempati pos baru sebagai Pamen Mabes Polri dan posisinya akan digantikan oleh Kombes Pol Djoko Erwanto yang sebelumnya menjabat sebagai Kabagyaninfodok RO PID Div Humas Polri.
Menurut rencana, pergantian jabatan akan segera dilakukan paling lambat empat belas hari setelah pejabat Polri yang dimutasi menerima TR tersebut.
(RR)

Komentar

News Feed