oleh

Jalin Sinergitas, FWJ Korwil BEKASI Kota Beraudensi dengan Ketua DPRD Kota Bekasi

KOTA BEKASI – PublikasiNews.Com | Saat ini telah sangat signifikan perubahan yang dialami media, dan hanya melalui sumber dapat dipercaya yang akan tetap eksis di masyarakat. Selain wartawan juga memang memiliki tanggung jawab besar demi mencerdaskan masyarakat.

Demikian yang disampaikan Ketua DPRD Kota Bekasi, H. Choiruman J. Putro ketika menerima pengurus Forum Wartawan Jakarta (FWJ) Koordinator Wilayah BEKASI Kota Bekasi saat melakukan audiensi di kantor DPRD Kota Bekasi Jalan Chairil Anwar Nomor 112, Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi Jawa Barat pada, Rabu (20/01/2021).

Kegiatan berlangsung di Lantai 2 Gedung Sekretariat DPRD Kota Bekasi, yang dihadiri langsung Ketua DPRD Kota Bekasi dengan didampingi beberapa stafnya, Ketua FWJ Korwil Kota Bekasi, Drs. Rommo Kos, Sekretaris FWJ Zarkasih, Kabid Humas FWJ Korwil Kota Bekasi, Wisnu Wicaksana, Kabid UMKM dan Koperasi Darsono Ijtihad, S.Ag, dan pengurus dan anggota FWJ Korwil Kota Bekasi.

Selain memperkenalkan forum dan kepengurusan baru yang telah terbentuk dengan jumlah anggota sekira 150 wartawan berbagai platform, FWJ Kota Bekasi juga menyampaikan ide-ide kreatif dan program-program yang akan dijalankan oleh FWJ di tahun 2021 seperti Koperasi wartawan, memajukan UMKM, melestarikan budaya dan seni serta program-program unggulan lainnya.

“Hari ini agenda utamanya adalah audiensi untuk memperkenalkan diri bahwa di Kota Bekasi ada satu forum bernama Forum Wartawan Jakarta Indonesia,” tutur Rommo mengawali pembicaraan dengan Ketua DPRD Kota Bekasi.

Dalam pemaparannya, Rommo juga mengungkapkan program pembentukan Koperasi Wartawan serta berharap ada sinergitas dan dukungan dari DPRD Kota Bekasi. “Koperasi wartawan mungkin kita nanti menjadi pelopornya dari FWJ Kota Bekasi,” ujarnya.

Selain koperasi, lanjut Rommo, FWJ juga berkeinginan memajukan program UMKM di Kota Bekasi, bekerjasama dengan pemerintah dan masyarakat serta para stakeholder lainnya.

“Kami ingin memajukan UMKM dimana kita tahu UMKM adalah satu wadah yang tahan banting seperti apapun kondisinya sampai saat ini UMKM masih tetap tegar,” tegasnya.

Terkait program Seni dan budaya di Kota Bekasi, FWJ Kota Bekasi bekerjasama dengan 7 koordinator wilayah FWJ lainnya telah berencana akan membuat pagelaran seni budaya Satu Hati menjelang HUT Kota Bekasi 10 Maret 2021

“Karena kita juga menilai bahwa budaya saat ini mulai tergerus. Budaya lokal terutama kita upayakan tetap melestarikan kearifan lokal yang ada di Kota Bekasi,” imbuhnya

Selain itu, Ketua DPRD Kota Bekasi H. Chairoman J Putro juga menyambut baik kehadiran para awak media dalam audiensi serta juga mengapresiasi dan menilai peran besar wartawan dalam mencerdaskan bangsa.

“Wartawan memiliki tanggung jawab yang besar dalam mencerdaskan masyarakat melalui media informasi sehingga literasi semakin baik dan akuntabel,” tutur Chairoman.

Terkiat program-program yang tengah dicanangkan oleh FWJ terutama program UMKM, Ia memberi catatan khusus. Menurutnya, politik ekonomi Indonesia saat ini tidak dalam posisi memberdayakan UMKM bisa terlihat dalam Undang-Undang Cipta Kerja.

“Undang-Undang Cipta Kerja semakin merombak tata cara baru dalam memberdayakan UMKM. Bisa dibayangkan saat ini untuk bikin perizinan UMKM tidak susah, cukup E-KTP dan surat keterangan usaha dari Ketua RT,” tambahnya.

Kondisi ini, kata Chairoman bisa menjadi peluang sekaligus ancaman salah satunya akan banyak muncul UMKM abal-abal. Karenanya membutuhkan pembinaan dan pengawasan.

Selain itu, masalah lainnya adalah tidak adanya grand strategy dari pemerintah mau diarahkan kemana UMKM saat ini dan sektor mana yang akan dikembangkan. Tidak seperti halnya di luar negeri seperti Jepang yang UMKM-nya terarah.

Khusus Kota Bekasi, Chairoman memperkirakan UMKM berbasis kreatititas akan menjadi tumpuan di Kota Bekasi sebagaimana Rencana Pembangunan Jangka Panjang Kota Bekasi 2030 yang diarahkan sebagai kota kreatif.

“Ada UMKM yang berhasil tips tips keberhasilannya kemudian diekspos media, itu akan menumbuhkan semangat bagi UMKM yang lain,” tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Chairoman juga menambahkan bahwa pihak DPRD Kota Bekasi siap bersinergi dengan rekan-rekan wartawan di FWJ dalam pengembangan, pembinaan dan pengawasan UMKM di Kota Bekasi sekaligus menjadi partner DPRD ke depannya.[]hms-fwj/Zark

Komentar

News Feed