oleh

Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro Mass Rapid Transit (MRT) Tingkatkan Produkfitas Masyarakat Jakarta

Jakarta, Publikasinews.com –  Transportasi berbasi rel yang rencana akan beroperasi penuh pada Maret nanti yaitu Mass Rapid Transit (MRT) diharapkan mampu tingkatkan produktifitas masyarakat khususnya penduduk Jakarta.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro dalam kunjungan pada acara Parallel Trial Run Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta menerangkan dengan terurainya kemacetan karena masyarakat banyak menggunakan MRT nantinya otomatis produktifitas juga akan lebih baik.

“Sehingga waktu yang tadinya habis di jalan bisa dipakai untuk meningkatkan produktifitas di tempat kerja dan kemudian tentunya kegiatan ekonomi kita harapkan jadi lebih lancar karena nantinya kegiatan-kegiatan itu akan dimudahkan dengan adanya angkutan umum ini,” terang Bambang Brodjonegoro usai mencoba MRT, Jumat (1/2).

Bambang menjelaskan di Jakarta tentunya setiap tahun ada kerugian yang sangat besar karena pemborosan waktu yang tentunya berpengaruh pada bahan bakar dan juga emisi lingkungan. Adanya moda angkutan umum berbasis rel yang memiliku rute sepanjang Bundaran HI ke Lebak Bulus tersebut juga diharapkan mengurangi polusi udara yang selama ini terjadi di ibu kota.

Setelah mencoba menaiki MRT Jakarta dari stasiun Bundaran HI ke Lebak Bulus, Bambang memuji kinerja PT MRT Jakarta yang tepat waktu dalam mengerjakan proyek kereta cepat tersebut.

“Kalau melihat tadi perjalanan jarak antara stasiun pertama dekat Bundaran HI sampai stasiun terakhir yaitu Lebak Bulus ternyata tepat waktu 30 menit, dan juga kalau kita lihat sifatnya masih percobaan kita melihat perjalanan mulus dan juga fasilitas yang dipersiapkan juga sangat baik,” terang Bambang.

Bambang Brodjonegoro juga menginginkan agar fase pertama MRT mampu menjadi contoh bagi pembagunan angkutan umum berbasis rel di berbagai kota besar di Indonesia. Selain itu, diharapkan rute MRT di Jakarta nantinya dapat diperpanjang ke beberapa wilayah.

“Tidak hanya cukup di bundaran HI tapi juga seterusnya sampai ke jakarta utara, dan tentunya harus ada rute-rute lain sehingga akhirnya kemacetan di Jakarta yang selama ini sangat mengganggu masyarakat bisa mulai terurai,” sambung Bambang.

Harapannya seluruh Jakarta nantinya dapat terjangkau oleh MRT dan bahkan merambah hingga ke wilayah metropolitan Jakarta yaitu Jabodetabek. (Red)

Komentar

News Feed