oleh

Kominfo Indonesia Akan Punya Satelit Sendiri Tahun 2022 Dan Akan Rampung Tahun Depan

Jakarta, Publikasinews.com – Kominfo berencana meluncurkan sebuah satelit internet berkecepatan tinggi, sebagai upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia di tengah tantangan ekonomi digital.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara di depan ratusan milenial yang hadir dalam sebuah seminar, Jakarta, Minggu (28/10/2018). Satelit tersebut diproyeksikan bakal mengorbit di 2022 mendatang, kemukakannya. 

Indonesia akan  punya satelit sendiri di 2022. Sehingga, nanti tidak ada lagi yang tidak terhubung dengan internet,” ungkap Rudiantara. Satelit ini merupakan lanjutan dari pembangunan proyek Palapa Ring yang ditargetkan bisa rampung seutuhnya pada tahun depan. Saat ini, proses pembangunan Palapa Ring sudah mencapai 98% – 99%.

Menurutnya, satelit ini nantinya akan terhubung dengan ribuan sekolah, puskesmas, maupun kantor pemerintah daerah di berbagai wilayah Indonesia yang selama ini memang tidak terjangkau fasilitas internet.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara di Milenial Fest. Tidak ada lagi nanti ribuan sekolah yang tidak terhubung dengan internet. Puskesmas, kantor desa, tidak ada lagi yang tidak terhubung dengan internet,” kata Rudiantara.

Kita mainnya sudah bukan kilobyte, tapi megabyte. Bahkan untuk yang tertentu, kami berikan gigabyte,” tegas dia. Rudiantara paham betul, masih ada beberapa wilayah di Indonesia yang belum bisa menikmati internet. Padahal, internet merupakan elemen penting bagi perkembangan milenial, dalam menghadapi tantangan ekonomi digital.

Ke depan, harus berpikir kritis. Bagaimana caranya? Kita berikan kasus, biar bisa dipikirkan bagaimana memecahkannya,”

Bagaimana caranya? Mereka harus cari sendiri, belajar dari internet. Belajar dari negara lain, melalui internet. Maka dari itu, kami siapkan semua,” jelasnya. Red

Komentar

News Feed