oleh

KPK Periksa Teman Dekat Irwandi Yusuf

Jakarta, Publikasinews.com – Tenaga ahli Aceh Marathon, Fenny Steffy Burase memenuhi panggilan tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Rabu (18/7).

Mantan model ini bakal diperiksa sebagai saksi kasus dugaan suap penggunaan dana otonomi khusus Aceh (DOKA) yang menjerat Gubernur nonaktif Aceh Irwandi Yusuf.

Mengenakan busana berwarna hitam dan hijab berwarna senada, Fenny Steffy yang disebut sebagai teman dekat Irwandi tiba di Gedung KPK sekitar pukul 09.30 WIB. Mantan pramugari ini terlihat didampingi oleh tim kuasa hukumnya.

Jubir KPK, Febri Diansyah mengatakan, Fenny Steffy Burase diperiksa sebagai saksi untuk melengkapi berkas penyidikan dengan tersangka Irwandi Yusuf. ‎

“Diperiksa untuk tersangka IY (Irwandi Yusuf),” kata Febri saat dikonfirmasi, Rabu (18/7).

‎Tak hanya Steffy, KPK juga menjadwalkan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi penting lainnya. Mereka di antaranya, mantan Kadis Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Pemprov Aceh, Rizal Aswandi; Kepala ULP Pemprov Aceh, Nizarli; Bupati non-aktif Bener Meriah, Ahmadi, serta dua pihak swasta Hendri Yuzal dan Teuku Saiful Bahri. Fenny Steffy, Rizal Aswandi dan Nizarli telah dicegah bepergian ke luar negeri.

Sementara Irwandi, Hendri Yuzal dan Saiful Bahri telah menyandang status tersangka. Seperti halnya Fenny Steffy, para saksi ini diperiksa tim penyidik untuk melengkapi berkas penyidikan Irwandi. “Mereka diperiksa sebagai saksi untuk tersangka IY,” kata Febri.

Diketahui, KPK telah menetapkan Gubernur nonaktif Aceh, Irwandi Yusuf, bersama dua pihak swasta bernama Hendri Yuzal dan Syaiful Bahri serta Bupati Kabupaten Bener Meriah, Ahmadi sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait pembahasan anggaran dana otonomi khusus (otsus) Aceh dalam penganggaran antara provinsi dan kabupaten tahun anggaran 2018.

Irwandi diduga menerima suap dari Ahmadi sebesar Rp 500 juta terkait pembahasan anggaran dana otsus Aceh tahun 2018. Diduga suap ini bagian dari Rp 1,5 miliar yang diminta Irwandi terkait fee ijon proyek-proyek pembangunan infrastruktur yang bersumber dari Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) pada Provinsi Aceh Tahun Anggaran 2018.

Komentar

News Feed