oleh

KPU Menetapkan Enam Orang Sebagai Penalis Debat Capres Pertama Pada Pilpres 2019 Salah Satu Ketua KPK

 

Jakarta, Publikasinews.com – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo menjadi salah satu panelis debat pertama capres dan cawapres pada Pemilihan Presiden 2019, yang akan dilaksanakan pada 17 Januari 2019.

“Loh kan (Agus Rahardjo) sudah hadir di sini, ya jadi panelis,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman usai membuka rapat pembahasan debat capres dan cawapres, di Jakarta, Sabtu (5/1/2018).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) akhirnya menetapkan enam orang sebagai panelis debat pertama capres dan cawapres pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Dari delapan orang yang ditetapkan sebelumnya, KPU akhirnya mencoret mantan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto dan Koordinator Indonesia Corruption Watch (ICW) Adnan Topan Husodo dari daftar panelis.

“Untuk panelis akhirnya kita memutuskan hanya ada enam setelah kami tadi malam bersepakat bersama membahas dengan Bawaslu, tim paslon 01, dan 02,” ujar Arief.

Selain Agus, yang hadir dalam rapat pembahasan, ahli hukum tata negara Margarito Kamis, pakar hukum internasional Hikmahanto Juwana, mantan Ketua Mahkamah Agung Bagir Manan. Kemudian, Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik dan pengajar hukum tata negara dan hukum administrasi negara Bivitri Susanti.

Soal nama Bambang Widjojanto dan Adnan Topan Husodo yang dicoret, Arief mengatakan keputusan tersebut merupakan hasil kesepakatan dua kubu paslon capres dan cawapres dalam rapat yang digelar Jumat (4/1/2019) malam.

Menurut Arief, masing-masing tim pemenangan paslon yang menginginkan dua nama itu dicoret. Bambang Widjojanto merupakan usulan dari paslon Prabowo-Sandi, sementara Adnan Topan Husodo merupakan usulan dari paslon Jokowi-Ma’ruf. Red

Komentar

News Feed