oleh

Langkah yang Harus Diperhatikan Ketika Membuat Kue Kastengel, Supaya Renyah dan Lezat

-Berita-343 views

PUBLIKASINEWS – Siapa yang tak kenal dengan kue kastengel? Salah satu kue yang selalu hadir pada momen hari raya idul fitri ini sukses membuat banyak orang terhipnotis karena kelezatannya.

Salah satu alasan banyak orang menyukai kue ini adalah karena ini merupakan salah satu rekomendasi kue keju yang lezat dan tidak membosankan.

Terlebih, jika menikmati kue kastengel buatan sendiri. Tentu ini akan menghadirkan kebahagiaan tersendiri. Meskipun begitu, banyak orang yang ternyata masih kesulitan dalam membuat kue kastengel yang enak.

Ini adalah hal yang wajar, tetapi Anda tak perlu khawatir, sebab ada banyak resep kastengel keju kraft yang bisa Anda gunakan untuk membuat kue kastengel yang lezat.

Salah satu kekhawatiran terbesar dalam membuat kue ini adalah teksturnya. Terkadang, beberapa orang ingin membuat kastengel dengan tekstur yang renyah, tetapi yang didapat malah keras. Belum lagi ketika proses dipanggang, kue kastengel mudah retak dan pecah.

Oleh karena itu, tidak sedikit orang yang menyerah ketika membuat kue kastengel yang sempurna sendiri. Akibatnya mereka lebih memilih membuat yang sudah jadi di toko. Meskipun begitu, tetap saja kue kastengel yang dibeli di toko tidak menjamin memiliki rasa yang enak, dan kondisi kue yang sempurna.

Maka dari itu, Anda lebih baik mencoba sendiri dengan resep kastengel keju kraft yang telah tersedia dan dapat dengan mudah Anda lihat di internet.

Sebelum itu, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam membuat kue kastengel, supaya lebih enak dan hasilnya sempurna.

1. Menggunakan Tepung Protein Rendah

Jika ingin membuat kue kastengel, Anda harus menggunakan tepung serba guna atau tepung dengan protein yang sedang. Sebab ini akan berpengaruh dan membantu Anda mendapatkan hasil kue yang renyah dan tidak keras.

Tak perlu khawatir sulit menemukannya, Anda dapat dengan mudah menemukan tepung protein rendah di toko kue terdekat, atau membelinya secara online di e commerce seperti Blibli.

Dalam proses pembuatannya, pastikan Anda mengayak tepung protein rendah ini terlebih dahulu, sebelum dicampurkan dnegan bahan-bahan lain untuk membuat adonan kue. Langkah ini berfungsi untuk menghindari tepung yang bergerindil.

2. Jangan Mengaduk Adonan Terlalu Lama

Hal lain yang harus diperhatikan saat membuat kue kering ini adalah terkait teknik mengaduknya. Jangan sampai Anda mengaduk adonan terlalu lama, cukup aduk adonan kering dan adonan basah sampai tercampur rata saja dan teksturnya padat. Jika sudah, maka adonan siap untuk dicetak. Anda tidak perlu menunggu adonan hingga kalis.

Jika adonan diaduk, atau diuleni terlalu lama, nantinya kue kastengel yang Anda buat akan keras saat dipanggang. Selain itu, sebaiknya Anda juga menggunakan spatula yang tidak lengket ketika mengaduk adonan.

Nantinya ini akan berguna untuk mengaduk adonan, supaya tidak mudah meleleh saat diaduk. Jangan lupa pula untuk mengaduknya dengan tangan. Sebab, suhu tangan dapat membuat mentega menjadi lebih cepat cair.

3. Gunakan Mentega dan Margarin

Supaya kue kering kastengel yang Anda buat ini lebih renyah, Anda harus menggunakan margarin. Namun, jika ingin mendapatkan kue yang aromanya harum dan lembut, maka Anda juga harus menggunakan mentega.

Gunakanlah kombinasi antara mentega dan margarin ini dalam rasio 1:2, dalam pembuatan kue kastengel. Ini akan membuat kue buatan Anda memiliki aroma yang harum, dan terasa renyah.

Contohnya saat membuat adonan kue kastengel, Anda dapat menggunakan 100 gram mentega, dan 200 gram margarin, untuk penggunaan 400 gram tepung terigu protein rendah.

4. Gunakan Telur yang Cukup

Dalam membuat kue kering, telur akan bekerja untuk membuat adonan kue menjadi empuk. Maka dari itu, jika tidak ingin kue yang Anda buat menjadi keras, maka pastikan penggunaan telur tidak berlebihan.

Selain itu, telur juga harus dimasukkan satu per satu ke dalam proses pencampuran dengan mixer. Pastikan telur yang Anda masukkan terkocok dnegan baik bersama adonan menteganya, sebelum Anda memasukkan kuning telur berikutnya.

5. Oles dan Tabur Keju Dilakukan Saat Kastengel Setengah Matang

Untuk mendapatkan hasil akhir kue kastengel yang cantik dan taburan keju yang renyah, maka Anda juga harus memperhatikan proses pengolesan kuning telur dan penaburan kejunya. Untuk mendapat hasil ini, pastikan Anda mengoles kuning telur, dan menaburkan kejunya ketika kue kastengel Anda sudah setengah matang.

Adonan kue kastengel yang sudah jadi dan dicetak, dipanggang terlebih dahulu sampai setengah matang. Setelah itu, Anda dapat mengeluarkan lagi lalu memberi olesan kuning telur, dan taburan keju secara cepat. Setelah itu, Anda dapat memanggang adonan sampai matang dengan sempurna ke dalam oven.

Itulah beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk mendapat kue kastengel yang renyah, lezat, dan mengembang dengan sempurna. Pastikan Anda mengikutinya dengan benar.

Komentar

News Feed