oleh

Malasia Gelar Pertemuan Kasad Se-Asian Dengan Tujuan Meningkatkan Kerja Sama Militer Negara Asian

Malasia, Publikasinews.com – Malaysia menjadi tuan rumah pertemuan petinggi militer setara kepala staf angkatan darat (KSAD) se-ASEAN. Pertemuan ini bertujuan meningkatkan kerja sama militer di antara negara ASEAN.

Agenda ASEAN Chiefs of Army Multilateral Meeting (ACAMM) ke-19 digelar di Melaka, Malaysia (Senin, 26/11/2018). Acara dibuka oleh Panglima Tentera Darat Malaysia Jenderal Datuk Seri Ahmad Hasbullah Mohd Nawawi

Wakil KSAD Letjen TNI Tatang Sulaiman menekankan pada pentingnya kesatuan visi, persepsi, dan tindakan dalam merespons perkembangan keamanan di kawasan ASEAN. Tatang mengatakan perlu sinergi yang kuat antarnegara untuk menjaga stabilitas keamanan di kawasan ASEAN.

“Pertukaran informasi sebagai salah satu kunci keberhasilan dalam suatu kerja sama. Ini dapat dilihat dari pengalaman penanganan terorisme yang menunjukkan bahwa tidak ada satu badan yang dapat menangani sendiri tanpa dukungan dari yang lain,” kata Tatang melalui keterangan tertulisnya.

Tatang juga mengajak negara ASEAN menggelar latihan-latihan dan operasi terpadu yang bertaraf regional. Latihan bersama, menurutnya, dibutuhkan untuk merumuskan kebijakan bersama mengenai strategi militer.

“Hal ini sekaligus untuk bersama-sama menyusun strategi pencegahan dan penanganan ancaman, dan merumuskan kebijakan pembangunan kekuatan pertahanan bersama,” tegas Tatang. Pada kesempatan ini, Tatang tak lupa menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas bantuan serta dukungan negara-negara ASEAN dalam hal penanggulangan bencana gempa bumi di Palu yang terjadi beberapa waktu lalu. 

Pada kesempatan tersebut, KSAD negara-negara ASEAN diagendakan menghadiri upacara penutupan lomba tembak ASEAN Armies Rifle Meet (AARM) ke-28, yang diagendakan pada Selasa (27/11. Red

Komentar

News Feed