oleh

Menyambut Bulan Bhakti Ke-60 Tahun, Katar Bekasi Selatan Menggelar Sosialisasi Kesehatan, Donor Darah dan Pembagian 1.000 Masker

KOTA BEKASI – PublikasiNews.Com | RANGKAIAN berbagai kegiatan yang meliputi, Sosialisasi kesehatan, Donor Darah, pembagian 1.000 Masker, serta Santunan dan pangkas rambut untuk anak-anak Yatim dan kaum Dhu’afa, menyemarakan acara Karang Taruna (Katar) Bekasi Selatan saat penyelenggaraan bulan Bhaktinya yang ke 60 tahun. Acara digelar bertempat di Pendopo Kantor Kecamatan Bekasi Selatan di Jalan Pulo Ribung Nomor 2, Pekayon Jaya Bekasi Selatan, Kota Bekasi Jawa Barat pada, Sabtu (26/09/2020) pagi.

Dalam kesempatan tersebut, Ade Puspitasari anggota DPRD Provinsi Jawa Barat sekaligus selaku ketua PMI Kota Bekasi yang turut hadir dalam acara tersebut sangat mengapresiasi kegiatan bulan Bhakti Karang Taruna ke 60.

Ketua Karang Taruna Kecamatan Bekasi Selatan, H. Darkam Suryadi ketika mendampingi Ketua PMI Kota Bekasi Ade Puspita saat meninjau warga yang secara sukarela mendonorkan darahnya diruangan Kantor Kecamatan Bekasi Selatan yang ditata menjadi bangsal berlokasi di Jalan Pulo Ribung Nomor 2, Pekayon Jaya Bekasi Selatan, Kota Bekasi Jawa Barat pada, Sabtu (26/09).dok-istimewa

“Katar Bekasi Selatan mampu membuat sistem terobosan, selain itu agar semakin solid. Tolong bantu pemerintah dalam rangka memutus mata rantai penyebaran wabah penyakit virus Korona atau Corona Virus Disease (Covid-19) serta sosialisasi pola hidup sehat, juga terkait protokol kesehatan yang telah dicanangkan baik pemerintah pemerintah daerah maupun pusat,” tuturnya.

Ade juga mengharapkan kerjasamnya terkait teknis maupun permasalahan dilapangan. “Jika ada kendala dengan penyediaan masker akan dibantu oleh pemerintah segera lakukan koordinasi secara responsif,” kata putri Wali Kota Bekasi itu.

Selain itu, masih kata Ade, Karang Taruna harus bersatu padu membantu pemerintah dalam penerapan social distancing dan physical distancing dimasa Pandemi Covid-19 dan new normal di Kota Bekasi.

“Kalau ada tetangga yang diduga terpapar Covid-19, jangan dikucilkan lakukan koordinasikan dengan puskesmas terdekat, tidak perlu panik, kita bantu kasih obat serta jika sangat urgent akan segera dilakukan perawatan secara intensif, selain APD lengkap, hand sanitizer selalu siap sedia,” harapnya.

Ade pun mengakhiri amanat sambutannya dengan mengucapkan sebuah pantun. “Makan durian, di Bekasi, cukup sekian dan terima kasih,” tutup Ade Puspita.

Ketua Karang Taruna Kota Bekasi, Ismail Hasyim juga mengatakan mobilitas Katar di Kelurahan komitmen bersama Wali Kota Bekasi yang belum terlaksana bersama untuk tingkat kelurahan. “Momentum yang penting jalinan kerjasama antara PMI dan Karang Taruna di usia ke 60 tahun melaui program-program yang akan terus tercipta kedepannya lebih eksis dapat jalan bareng demi pembangunan Kota Bekasi,” kata Ismail.

“Kita juga tengah mulai menerapkan sistem sertifikasi dalam hal struktural kepemimpinan. Dan hal ini merupakan terobosan yang patut dibanggakan karena menjadi pertama kalinya secara Nasional, semoga menjadi pilot project di Indonesia,” tegasnya.

Sementara itu, ketika memberikan keterangan pers-nya, Ketua Katar Kecamatan Bekasi Selatan H. Darkam Suryadi mengatakan bahwa dalam rangka bulan Bhaktinya Katar Bekasi Selatan melalui pembagian ribuan masker kepada masyarakat.

“Donor darah bekerjasama dengan PMI Kota Bekasi, terus juga ada santunan yatim dan dhu’afa, yang anak laki-lakinya nanti dilakukan pangkas rambut free/gratis dari kita. Sosialisasi kesehatan, dan nanti kita punya relawan yang sudah bekerja dari 2017. Insya Allah nanti sekaligus sosialisasi kesehatan, mereka akan mendapatkan piagam penghargaan dari bapak Wali Kota Bekasi pada 3 Oktober 2020 mendatang,” ungkapnya.

Darkam juga mengungkapkan untuk kegiatan donor darah sendiri tentunya dilakukan sesuai, yakni tiga bulan sekali. “Untuk target PMI sekitar 60 pendonor, tapi Alhamdulillah telah melampaui target mencapai 73 orang pendonor selain banyak pendonor batal karena HB-nya rendah atau kurang. Kegiatan ini pun pelaksanaannya secara periodik, maksimal bangat kita enam bulan mudah-mudahan dapat terselenggara tiga bulan sekali,” imbuhnya.

Terkait penerapan protokol kesehatan Darkam juga menghimbau kepada seluruh warga Bekasi Selatan khususnya, dan masyarakat Kota Bekasi pada umumnya dapat mematuhinya.

“Saya menghimbau untuk warga, yang pertama tetap menerapkan pola hidup sehat, 3 M, selalu memakai masker jika keluar rumah, rajin mencuci tangan, kemana-mana membawa hand sanitizer. Kemudian juga untuk menjaga jarak hindari bergerombol, nongkrong hingga larut malam, serta tentunya sinergitas Katar bersama 3 pilar,” pungkasnya.

Kegiatan bulan Bhakti Katar yang ke 60 tahun Bekasi Selatan ditutup dengan pembacaan do’a oleh anggota KATAR Kelurahan Jakamulya, Fuadi Hasan.[]

Penulis : Zark

Komentar

News Feed