oleh

Moment Natal & Tahun Baru 2020, SENKOM Mitra Polri DKI Jakarta Membantu Pengamanan Ops.Lilin Jaya

Jakarta, PublikasiNews.Com – Selain di Kota Bekasi ketika kegiatan Polres Metro Bekasi Kota menggelar kegiatan memusnahkan ribuan botol minuman keras atau miras dari sebagai jenis dan merk hasil operasi cipta kondis (Cipkon) yang juga melibatkan jajaran Senkom Kota Bekasi. Pemusnahan miras yang dilaksanakan tersebut dilakukan di halaman Mapolres Metro Bekasi Kota, Kamis silam.

Peran serta SENKOM (Sentra Komunikasi) selaku mitra Polri dalam menjaga stabilitas keamanan menjelang natal dan tahun baru 2020 sangat berarti. Berbagai macam kegiatan selalu di libatkan oleh Polsek, Polres maupun Polda, berdasarkan data yang dihimpun publikasinews.com pada, Kamis (26/12/2019).

Para jajaran pengurus Senkom Mitra Polri DKI Jakarta dan Kota Bekasi selalu berkomunikasi 2 arah saat mencoba sarana sepeda dalam PAM lilin jaya. Tampak Ketua Senkom DKI Jakarta, M.Rusdi (keempat dari kiri) berdampingan dengan Suyono ketua Senkom Kota Bekasi.dok-istimewa

Di wilayah DKI Jakarta sendiri yang merupakan pusatnya, Senkom perannya sangat berarti, termasuk ikutnya senkom dalam membantu pengamanan di tempat wisata.

Dalam kunjungan ke posko PAM Ancol, Untung Maulana selaku Ketua Senkom DKI Jakarta menyampaikan, bahwa senkom secara rutin membantu kegiatan polisi, khususnya saat ini membantu pengamanan operasi lilin jaya di moment Natal 2019 dan Tahun baru 2020. Termasuk diantaranya di kawasan tempat wisata Taman Impian Jaya Ancol.

Rapat pimpinan (Rapim) terkait Kordinasi dan sosialisasi Senkom Mitra Polri se-wilayah hukum Polda Metro Jaya, sekaligus dalam rangka pembahasan pengamanan Hari Natal 2019 serta Tahun Baru 2020.dok-istimewa

Dalam arahannya kepada anggotanya yang bertugas di kawasan Ancol Untung menegaskan, bahwa Senkom DKI Jakarta menugaskan anggotanya di lima wilayah DKI untuk membantu Polri dalam melaksanakan kemitraan dengan seluruh Polri. “Selain stanby menjaga kamtibmas pada Natal dan tahun baru ini, semua personil untuk tetap semangat dan menjaga kesehatan,” pungkas untung.

Untung Maulana, selaku ketua Senkom Mitra Polri DKI Jakarta ketika memberikan arahan kepada para personilnya dalam pengamanan kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol. Sarana kendaraan patroli sepeda, selain ramah lingkungan, menjadi pilihan pengurus Senkom yang kebanyakan berbadan gemuk dan Sehat, terpantau Rabu (25/12).dok-istimewa

Dalam membantu keamanan Kawasan Ancol Senkom DKI telah menugaskan puluhan anggotanya yang di pimpin oleh M. Rusdi Sekretaris Senkom DKI.

M.Rusdi kepada awak media juga menjelaskan perihal peran Senkom Mitra Polri terutama menjelang hari raya Natal dan Tahun baru 2020. “Antara lain aktif dalam menjaga dan cipta kondisi kamtibmas, aktif dalam sosialisasi dan informasi publik terkait pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) dan yang lainnya,” ulasnya.

M.Rusdi juga menyampaikan bahwa Senkom selain di bidang kamtibmas, Senkom Mitra Polri juga ada di bidang kebencanaan, dimana Senkom memiliki tim khusus kebencanaan di bawah Senkom Rescue, mengungkapkan bahwa pihaknya terlibat aktif dalam berbagai kegiatan kebencanaan mulai dari Mitigasi, tanggap Darurat, dan evakuasi korban bencana.

Di bidang Pertahanan dan Keamanan (Hankam) senkom memiliki klaster Senkom Bela Negara, mengatakan bahwa para anggota Senkom di bekali pengetahuan tentang bahaya radikalisme, kemampuan awal bela negara, kecintaan pada tanah air, kesadaran berbangsa dan dan pemahaman tentang 4 konsensus (Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI), serta perasaan rela berkorban bagi bangsa dan negara sebagaimana tercantum dalam ikrar Bela Negara.

M. Rusdi lelaki low profile berkaca mata yang juga menjabat Deputi Bidang Organisasi dan keanggotaan Senkom pusat, menyampaikan juga harapanya kepada generasi muda. “Jadilah pejuang masa kini, supaya nanti kita bisa jadi pahlawan. Karena saat ini kita belum bisa di sebut pahlawan jika belum berjuang untuk negara kita. Generasi muda sekarang untuk lebih peduli dan memaknai pahlawan itu sendiri, bisa baik dan hebat apalagi dengan berprestasi di bidangnya masing-masing,” ujar Rusdi.

Terkait Hari besar idul fitri, Natal dan Tahun baru, dan menurut Rusdi Senkom ada dimanapun, di pengaturan lalin, membantu TNI/Polri dalam kegiatan pengamanan pusat perbelanjaan, Mall, Hyper mall, tempat-tempat ibadah, masjid, gereja, wihara, pura, Klenteng serta tempat-tempat wisata. Dan dalam menjalankan tugasnya anggota Senkom Mitra Polri selalu menjaga kesehatan fisik, dengan tidak ada anggota yang merokok.

Sementara itu terkait Target yang ingin dicapai Senkom Mitra Polri pada tahun 2020, sesuai motto Diklatnas 2019 “Membangun SDM Senkom yang unggul untuk Indonesia maju.” Senkom ingin mewujudkan anggota yang lebih solid, menjunjung Profesionalitas, Modern serta terpercaya dalam mendukung tugas-tugas Polri.

Selain itu, SENKOM Mitra Polri ingin mengimplementasikan program-program Senkom dengan bekerjasama dengan unsur 3 Pilar Kamtibmas paling bawah yaitu Babinkamtibmas, Babinsa dan Lurah ataupun Kepala Desa.

Dalam menjalankan programnya Senkom berkoordinasi dari tingkat Pusat, Provinsi, Kabupaten/ Kota dan Sektor mekanismenya menggunakan SARANA KOMUNIKASI yang dimiliki Senkom baik Analog maupun digital. Dan selalu menjalin komunikasi dan koordinasi dengan Polri disemua tingkatan. Anggota SENKOM Mitra Polri se- Jabodetabek sekitar kurang lebih 3.000 personil

Dalam kesempatan ini Rusdi juga semangat mengapresiasi loyalitas, soliditas serta sumber daya yang terus di tingkatkan oleh seluruh jajaran Senkom Mitra Polri di seluruh Indonesia, selain juga menjaga sinergitas dengan berbagai unsur, termasuk TNI/Polri,” tandasnya.[]Jark

Komentar

News Feed