oleh

PT Pertamina Persero Menurunkan Harga Pertamax Cs Kisaran Rp 200 Per Liter

Jakarta, Publikasinews.com – PT Pertamina (Persero) menurunkan harga Pertamax Cs di kisaran Rp 200 per liter. Jumlah penurunan ini mungkin dinilai rendah bagi sebagian masyarakat.

Manager External Communication Pertamina, Arya Dwi Paramita, mengatakan penurunan harga tersebut harus dilihat dari dua faktor, yakni harga minyak mentah dunia dan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

“(Jadi) Tergantung, kalau memang misalnya penyesuaian harga crude lagi, nanti kita evaluasi lagi,” ujarnya di Jakarta, Sabtu (5/1/2018). Ia menambahkan, pihaknya akan selalu mengevaluasi perubahan harga minyak mentah dunia. Hal itu dilakukan dengan jangka waktu berkala.

“Karena kan gini, naik turunnya crude itu kan terjadinya harian, nanti kan dirata-rata. Nah itu dilihat dulu, biasanya dievaluasi sama tim kita di internal,” katanya.

“(Misal) Ini penurunannya akan bertahan berapa lama itu ada prediksinya. Terus kemudian ini udah bisa aman, ini udah bisa turunkan harga, entar (baru) diturunkan,” lanjutnya.

Menurutnya, evaluasi dan penyesuaian harga itu tak hanya dilakukan saat harga minyak mentah dunia sedang turun, tapi juga saat mengalami kenaikan. Jadi mungkin yang perlu diedukasi ialah bahwa jenis bahan bakar umum yaitu, Pertalite, Pertamax, Turbo, Dex, Dexlite, itu adalah kelompok BBM yang fluktuatif terpengaruh dengan perubahan harga minyak mentah dan nilai tukar. Jadi bisa berubah atas hasil evaluasi yang menyatakan itu bisa disesuaikan,” terangnya Red

Komentar

News Feed