oleh

Solihat kembali Pimpin Perumda (PDAM) Tirta Patriot 5 Tahun kedepan

BEKASI – PublikasiNews.Com | Untuk dapat membawa sebuah perusahaan dalam mencapai tujuan yang diharapkan, dibutuhkan seorang figur pemimpin yang mumpuni dalam hal leadership. Sosok seorang Solihat akhirnya dipercaya untuk bisa kembali memimpin. Wali Kota Bekasi Dr. Rahmat Effendi melantik Solihat yang kembali menjadi Direktur Utama Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumda) Tirta Patriot Kota Bekasi periode lima (5) tahun, masa Bhakti sejak 2021 hingga 2026 mendatang.

Dalam kesempatan tersebut, tampak juga dihadiri Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto Tjahyono, Ketua DPRD Kota Bekasi Chairoman J. Putro, dan Sekretaris Daerah Kota Bekasi Reny Hendrawati, yang turut serta menyaksikan penandatanganan berita acara pelantikan Direktur Utama Perumda Tirta Patriot yang dilaksanakan bertempat di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi pada, Selasa (09/11/2021).

Saat memberikan amanat sambutannya usai pelantikan, Rahmat Effendi tentunya mensupport kepemimpinan Perusahaan Daerah Air Minum Kota Bekasi itu. “Saya mengucapkan selamat kepada Direktur Utama Perumda Tirta Patriot periode 2021-2026 yang baru saja saya lantik, Bapak Solihat yang akan meneruskan penanganan Perumda di Kota Bekasi, yang terus bersinergi dengan baik apapun permasalahannya,” tuturnya.

Dalam penuturannya, Wali Kota Bekasi juga menyampaikan, pelayanan air bersih merupakan kebutuhan dasar bagi seluruh masyarakat kota Bekasi. “Untuk itu diperlukan pengelolaan perusahaan umum daerah yang baik sehingga mampu menjawab tantangan kedepannya, demi pemenuhan kebutuhan akan air bersih di Kota Bekasi,” kata Rahmat Effendi.

Tentunya terkait dengan pemenuhan kebutuhan alir bersih masyarakat, Pemerintah Kota Bekasi telah berkomitmen untuk memenuhi target SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGS) pada tahun 2030, dengan mewujudkan seratus persen akses air bersih serta aman yang dapat dinikmati seluruh lapisan masyarakat.

Target tersebut bukanlah hal yang mudah untuk dicapai mengingat jumlah pelanggan aktif yang dimiliki perusahaan baru mencapai 37.000 SL (Sambungan Langsung). Berdasarkan data BPS, jumlah penduduk yang terlayani di wilayah administrasi sebanyak 146.082 jiwa atau 5,9 persen dari jumlah penduduk, sedangkan penduduk di wilayah teknis yang terlayani sebanyak 146.595 jiwa atau 11,08 persen dari jumlah penduduk yang terdapat dalam jaringan pipa perusahaan.

Namun menurut Wali Kota, hal tersebut juga masih belum dapat memenuhi target cakupan layanan Pemerintah Kota Bekasi dalam dokumen RISPAM, di mana cakupan pelayanan sampai dengan akhir tahun 2020 ditargetkan sebesar 39,69 persen.

“Oleh karena itu untuk mencapai target tersebut, fungsi dan peran Perumda Tirta Patriot perlu terus dioptimalkan dengan mendorong peningkatan kinerjanya dalam pelayanan air bersih,” tegas Wali Kota, Rahmat Effendi.

“Memperhatikan tugas utama yang diemban, maka dalam pengelolaannya Perumda Tirta Patriot tentunya perlu dilakukan secara profesional, transparan dan akuntabel, yang tidak hanya mengedepankan sisi komersial saja dalam pengelolaannya tetapi juga harus memperhatikan sisi pelayanan sosial,” imbuhnya.

Wali Kota juga kembali menegaskan, untuk pengembangan pelayanan air bersih di Kota Bekasi, Perumda Tirta Patriot mengalami beberapa kendala, diantaranya kondisi Kota Bekasi yang masih dilayani oleh 2 (dua) operator perumda yaitu Perumda Tirta Patriot dan Tirta Bhagasasi. Oleh sebab itu, Pemerintah Kota Bekasi juga terus berupaya untuk melakukan langkah-langkah penyelesaian proses pemisahan wilayah layanan kedua perumda tersebut. Pemkot Bekasi meyakini Perumda Tirta Patriot mampu melayani kebutuhan air bersih seluruh masyarakat Kota Bekasi.

Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi menyampaikan tujuh (7) hal yang perlu diperhatikan kepada pegawai, Direktur Utama, dan Direktur Umum Perumda Tirta Patriot, diantaranya adalah;

  1. Direktur utama terpilih Perumda Tirta Patriot agar segera berkonsolidasi dengan direktur bidang teknik dan umum untuk menyelesaikan tugas-tugas yang harus segera diselesaikan perumda;
  2. Mengoptimalkan wilayah cakupan pelayanan melalui keikutsertaan dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) yaitu SPAM Jatiluhur 1 dan SPAM Djuanda/Jatiluhur 1;
  3. Meningkatkan kinerja Perumda Tirta Patriot Kota Bekasi terutama dalam mencapai target-target pelayanan air bersih di wilayah Kota Bekasi sesuai sasaran business plan dan perencanaan tahunan yang telah disusun;
  4. Pemenuhan tarif air pelanggan yang wajar dan terjangkau;
  5. Respons cepat terhadap keluhan pelanggan dengan menyiapkan call center pengaduan selama 24 jam;
  6. Memahami secara seksama dan melaksanakan peraturan perundang-undangan yang terkait dengan penyediaan air minum secara administrasi, operasional, dan keuangan;
    7.Menunaikan kewajiban dengan semangat pengabdian dan niat ibadah.

(*/dok-ist./Nd-hms/fwj-bks/red)

Komentar

News Feed